Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di daerah setempat untuk mensosialisasikan tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di rumah ibadah di daerah tersebut.

“Kami ada rencana menggandeng FKUB untuk mensosialisasikan tentang pilkada di rumah ibadah di daerah ini, selanjutnya tokoh dari berbagai agama menyampaikan dalam materi khutbah di rumah ibadahnya masing-masing," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu saat mengadakan pertemuan dengan Ketua FKUB Kabupaten Mukomuko Tunggang Siregar guna membahas soal kerja sama untuk mensosialisasikan tentang Pilkada serentak 2020 di rumah ibadah semua agama yang tersebar di daerah ini.

Ia menyatakan, KPU setempat menggandeng FKUB di daerah ini karena forum ini merupakan gabungan dari seluruh organisasi masyarakat keagamaan dan seluruh agama ada disini.

Ia mengatakan, selanjutnya seluruh tokoh dari berbagai agama di daerah ini menyampaikan sosialisasikan pilkada serentak dalam materi khutbah di rumah ibadah agamanya masing-masing.

“Kalau kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan sosialisasi yang kami sampaikan kepada masyarakat setempat bersifat mengimbau dan mengajak masyarakat mensukseskan pilkada,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan duduk bersama dengan FKUB dan seluruh ormas keagamaan yang ada di daerah ini guna membahas terkait dengan sosialisasi tentang pilkada di rumah ibadah di daerah ini.

Ia mengatakan, berbagai cara bisa dilakukan dalam menyampaikan sosialisasi tentang pilkada kepada masyarakat baik secara lisan maupun tulisan seperti melalui brosur spanduk, termasuk menyampaikannya sosialisasi ini di rumah ibadah semua agama di daerah ini.

"Karena prinsipnya pilkada ini harus merangkul semua pihak, termasuk tokoh seluruh agama di daerah ini,” ujarnya.***2***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020