Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar rapat koordinasi membahas persiapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 saat pandemi COVID-19 dan antisipasi penyebaran virus corona saat kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati.

“Kita mengumpulkan stakehorder dalam rangka memberikan pemahaman tentang pelaksanaan kampanye di tengah pandemi COVID-19, dan antisipasi penyebaran virus ini,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

 Puluhan peserta rapat koordinasi persiapan kampanye Pilkada yang terdiri dari Bawaslu, asosiasi media cetak, elektronik dan dalam jaringan atau daring, perwakilan partai politik dan pemerintah setempat.

KPU setempat melibatkan tim gugus tugas penanganan COVID-19 pemerintah setempat sebagai narasumber yang akan menyampaikan protokol kesehatan saat tahapan Pilkada tahun ini.

“Nanti tim gugus tugas penanganan COVID-19 pemerintah setempat akan menyampaikan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh peserta Pilkada tahun ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, tim gugus tugas ini akan menyampaikan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh peserta pilkada baik pasangan calon maupun partai politik saat melakukan kampanye tertutup dan terbuka.

Ia menjelaskan, ada pembatasan jumlah orang atau peserta yang mengikuti kampanye di dalam ruangan tertutup dan pembatasan jumlah orang ini menyesuaikan dengan kapasitas gedung yang dijadikan tempat pertemuan kampanye.

Kemudian rapat koordinasi ini juga membahas tentang zona kampanye di daerah ini. KPU setempat melibatkan bagian administrasi pemerintahan sekretariat pemerintah sebagai narasumber terkait soal kebijakan zona kampanye yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Kemudian KPU setempat juga membahas tentang PKPU yang mengatur tentang petunjuk teknis kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati daerah ini melalui saluran media massa cetak, elektronik dan online. KPU memfasilitasi kampanye pasangan calon melalui media massa selama 14 hari.***2***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020