Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang hujan ringan pada siang hingga sore hari.

"Namun tetap berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat secara dadakan, dengan demikian warga tetap selalu waspada," kata analis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Febrisurgiansyah, Jumat.

Ia menjelaskan, daerah berpeluang hujan ringan itu antara lain terjadi di Bengkulu Selatan, Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, suhu udaranya berkisar 22-31 derajat Celcius dan kelembaban antara 63-98 persen.

Namun ada tiga daerah berpeluang cerah berawan yaitu di Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang dan kabupaten Lebong suhu udaranya berkisar 20-29 derajat Celcius dan kelembaban antara 69-98 persen.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan berada di wilayah Aceh, Nias, Sumatera Barat, Kep. Mentawai, Sumatera Selatan, Bengkulu, Enggano, dan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan antara 05 - 37 km/ jam atau 03 - 21 knots.

Ia juga memprakirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano tetap berpotensi tinggi 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah barat daya hingga timur laut dengan kecepatan antara 03 - 18 knots.

Sedangkan gelombang laut di perairan Barat Bengkulu tingginya mencapai tiga meter, angin di wilayah itu berpeluang bertiup dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 05 - 23 knots, ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013