Tempat yang asri dan mudah dijangkau membuat Lorong Watu berpotensi jadi wisata andalan di Bengkulu Utara. 

Lokasi ini berada di Desa Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara, 60 kilometer dari pusat Kota Bengkulu dengan waktu tempuh sekira 1 setengah jam perjalanan darat. 

Rute yang dilalui pun tidak terlalu sulit. Hanya bermodal kendaraan roda dua atau empat menuju Desa Kemumu, diteruskan dua kilometer perjalanan hotmix memudahkan pengunjung mencapai spot wisata ini. 

Destinasi wisata alam air terjun yang tercipta pada Lorong Watu jarang ditemui di daerah lain. Pasalnya, perpaduan spot air terjun dengan sungai dangkal dan tebing cekung berbatu membuatnya kawasan ini menarik didatangi.

Tak hanya itu, dinding bebatuan yang tercipta secara alami dengan pola terstruktur menambah kesan artistik wisata ini.

Selain itu tempatnya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk dan keramaian, membuat pengunjung cukup nyaman bermeditasi atau sekedar mandi dan merefleksi diri di Lorong Watu.  
 
Lorong Watu berpotensi jadi wisata andalan Bengkulu Utara. (Foto Antarabengkulu.com/Bisri Mustofa)

Kedalaman airnya juga bervariasi, mencakup pemandian anak-anak sedalam 50 centi meter hingga kedalaman 3 meter membuat pengunjung betah berlama-lama mandi di lokasi tersebut. Namun jika hujan, debit airnya bisa naik hingga mencapai 5 meter. 

Lorong Watu dalam kondisi normal hari biasa, kata Agus, penjaga gerbang masuk mengatakan, cukup banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Dalam sehari biasanya pengunjung bisa mencapai 10 hingga 30 orang dan hari libur mencapai 50 orang.

Namun pada kondisi pandemi, pengunjung yang datang tercatat mencapai 10 hingga 20 orang setiap harinya. 

Namun suhu air pada Lorong Watu cukup dingin di angka 20 derajat Celcius.

Hal ini seperti Agus katakan karena sumber airnya yang masih asli dari sumber pegunungan setempat.

Saat menuju Lorong Watu, pemandangan alam yang asri dan cukup memacu adrenalin. Di gerbang masuknya, ada jembatan gantung sepanjang 30 meter juga menyusuri bebatuan yang membuat pengunjung bisa merasakan sensasi petualangan.

Untuk masuk ke lokasi Lorong Watu, pengunjung bisa menitipkan kendaraan di lokasi yang tersedia dengan  retribusi senilai Rp5 ribu per kendaraan dan Rp5 ribu bagi per orang.

Pewarta: Bisri Mustofa

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020