Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, menyebutkan 112 desa dari 148 desa di daerah itu sudah menyelesaikan pembagian bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) bulan keempat kepada warga terdampak COVID-19.

“Ratusan desa sudah menyelesaikan pembagian BLT-DD bulan keempat ini yang telah menetapkan APBDes dan Peraturan kepala desa (Perkades) tentang perubahan pagu dana desa untuk BLT-DD bulan keempat,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan ratusan desa yang sudah menyelesaikan pembagian BLT-DD bulan keempat ini, tersebar di 15 kecamatan di daerah ini yang masih memiliki stok dana yang cukup di rekening desanya masing-masing.

Menurutnya, bagi desa yang jumlah penerimanya sebanyak kurang dari 50 orang kemungkinan masih memiliki stok dana yang cukup di rekening desanya, tetapi kalau jumlah penerima BLT DD lebih dari 50 orang kemungkinan desa tidak memiliki dana yang cukup di rekeningnya.

Desa yang tidak memiliki stok dana yang cukup di rekening desanya untuk membagikan BLT-DD bulan keempat menunggu penyaluran dana desa tahap ketiga dalam bulan September tahun ini.

Selanjutnya puluhan desa yang belum membagikan BLT-DD bulan keempat kepada masyarakat setempat menunggu penyaluran dana desa tahap ketiga dari KPPN ke rekening desa.

Jumlah penerima manfaat BLT-DD yang tersebar di 112 desa daerah ini sebanyak 7.720 kepala keluarga dari sebanyak 9.114 kepala keluarga yang menerima bantuan bulan keempat ini.

Sedangkan setiap penerima manfaat BLT DD pada bulan keempat tahun ini sebesar Rp300.000 per orang, menurun dibandingkan dengan BLT DD bulan pertama hingga ketiga masing-masing sebesar Rp600.000.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020