Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan perkembangan penyebaran COVID-19 di daerah itu saat ini terus bertambah sehingga totalnya mencapai 52 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong yang juga Jubir Satgas Penanganan COVID-19, Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan dari jumlah masyarakat setempat yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 itu sebanyak 22 orang telah dinyatakan sembuh dan 30 orang lagi masih dilakukan karantina dan pengawasan.

"Pada hari ini terdapat penambahan sebanyak 16 kasus baru, sehingga jumlah warga Rejang Lebong yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 52 kasus, di mana dari jumlah itu yang sudah sembuh sebanyak 22 orang dan 30 lagi masih dalam pengawasan," kata dia.

Dia menambahkan,  warga setempat yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini berasal dari klaster tenaga kesehatan (nakes) dan masyarakat biasa yang tersebar dalam beberapa kecamatan di Rejang Lebong.

Selain mencatat adanya penambahan 16 kasus baru, pihaknya kata dia, juga mencatat jumlah pasien sembuh sebanyak dua orang yakni kasus 26 dan kasus 27 yang berasal dari Kecamatan Curup Tengah.

Dijelaskan Syamsir, kalangan warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini khususnya mulai dari kasus 44 hingga 52 memiliki keterkaitan dengan kasus terkonfirmasi positif sebelumnya yakni kasus 30 Rejang Lebong.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi ditempat terpisah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong untuk melakukan penelusuran terhadap kerabat maupun tetangga para pasien yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

"Saya meminta kepala dinas kesehatan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan tes baik kepada kerabat dekat, serta meningkatkan penyemprotan disinfektan di setiap desa dan kelurahan sebagai upaya pencegahan," kata Bupati Ahmad Hijazi.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020