Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun ini kembali kucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai miliaran rupiah. Anggaran itu untuk pelaksanaan dan percepatan program KKB di Tanah Air.

Secara Nasional Dana Alokasi Khusus (DAK) 2013 mencapai Rp442 miliar, untuk pelaksanaan program KB di 33 provinsi, kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN Provinsi Bengkulu Widati melalui Kasubag Perencanaan Weldi Suisno kepada wartawan belum lama ini.

Ia mengatakan, anggaran sejumlah itu disalurkan di Provinsi Bengkulu sebesar Rp8,695 miliar terhadap program KB di 10 daerah kabupaten dan kota. Pengelolaan dana tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah kabupaten/kota dengan menu kegiatan dalam mendukung pelaksanaan program KKB di daerah, ujarnya.

Anggaran APBN tersebut dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Selatan senilai Rp892 juta, Bengkulu Utara Rp1,1 miliar, Rejang Lebong Rp850 juta dan Kota Bengkulu Rp974 juta. Selain itu daerah lainnya Kabupaten Kaur Rp895 juta, Seluma Rp657 juta, Kabupaten Mukomuko senilai Rp934 juta, Lebong Rp788 juta, Kepahiang Rp740 juta dan Kabupaten Bengkulu Tengah sebesar Rp813 juta, rincinya.

"Setiap daerah di Bengkulu tahun ini telah menerima kucuran dana itu untuk dapat dilaksanakan sejak tribulan I," katanya.

Ia menambahkan, pelaksanaan program KKB di daerah diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan Nasional menuju keluarga yang berkualitas dan sejahtera, harapa itu terlihat dari kucuran DAK pada 2013 meningkat dari tahun lalu. Pada 2012 DAK KKB senilai Rp.8,401 miliar meningkat mencapai Rp250 juta.(rs)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013