Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan baru sebanyak 2.034 keluarga atau sebesar 22 persen dari 9.171 keluarga yang terdampak COVID-19 yang telah menerima penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) bulan ke lima.

“Sebanyak 2.034 keluarga yang telah menerima penyaluran BLT-DD bulan ke lima ini tersebar di 30 desa di daerah ini,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti laporan jumlah penerima manfaat BLT-DD bulan ke lima dan data realisasi penyaluran BLT-DD berpedoman dengan peraturan kepala desa tanggal 24 September 2020.

Ia menyebutkan, dana BLT-DD bulan ke lima ini sama dengan bulan ke empat yakni sebesar Rp300.000 per orang, menurun dibandingkan dengan BLT-DD bulan pertama hingga ke tiga tahun ini sebesar Rp600.000.

Ia mengatakan, baru sebanyak puluhan desa ini yang telah membagikan BLT-DD tahap ke lima kepada masyarakat, karena kemungkinan desa ini masih mempunyai stok dana di dalam APBDes.

Ia mengatakan, kemungkinan desa ini lebih awal dibandingkan desa lain membagikan BLT-DD bulan ke lima kepada masyarakatnya karena mereka menggunakan dana kegiatan lainnya yang belum digunakan.

Menurutnya,kemungkinan desa ini menggunakan dana kegiatan yang bersumber dari APBDes seperti dana pembangunan kegiatan fisik yang belum digunakan sampai sekarang.

“Saat ini desa ini menggunakan dana kegiatan lainnya, setelah itu mereka menggantikan dana tersebut setelah cair dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga dari pemerintah,” ujarnya.

Ia menyebutkan, sebanyak 2.034 keluarga penerima manfaat BLT-DD dan setiap keluarga yang terdampak COVID-19 di daerah ini menerima pembagian BLT-DD bulan ke lima sebesar Rp300 ribu.

Sedangkan total dana BLT-DD bulan ke lima yang telah diterima oleh sebanyak 2.034 keluarga warga yang terdampak COVID-19 di daerah ini yakni sebesar Rp610,200,000.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020