Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah warga daerah itu yang terpapar COVID-19 sampai dengan 27 September 2020 menjadi 74 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Minggu menjelaskan dari 74 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 26 orang sudah dinyatakan sembuh dan 48 orang lainnya masih menjalani pengawasan dan karantina.

"Jumlah warga yang terkonfirmasi positif sampai hari ini sebanyak 74 orang. Jumlahnya pada hari ini ada tambahan tujuh kasus baru dari sebelumnya sebanyak 67 kasus," kata dia.

Penyebaran virus corona di wilayah itu, tambah dia, menunjukkan peningkatan dengan terus bertambahnya jumlah warga yang terpapar.

Dia mengimbau masyarakat Rejang Lebong untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan jalan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir serta selalu menjaga jarak.

Sementara itu, tambahan tujuh kasus baru konfirmasi positif COVID-19, kata dia, antara lain kasus 68 dialami seorang perempuan berusia 11 tahun asal Kecamatan Binduriang, namun tidak memiliki keluhan dengan riwayat kontak kasus 35 dan saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Selanjutnya, kasus 69 dengan jenis kelamin laki laki, 60 tahun asal Kecamatan Sindang Kelingi, tidak ada keluhan dengan riwayat kontak kasus 41 dan saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 70, seorang laki laki berusia 43 tahun asal Kecamatan Curup Tengah, tidak ada memiliki keluhan dengan riwayat kontak kasus 38 dan saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Kemudian kasus 71 berjenis kelamin perempuan berusia 49 tahun asal Kecamatan Curup Timur memiliki keluhan demam, mual, riwayat kontak kasus 38 dan saat ini dilakukan isolasi mandiri. Kasus 72, laki laki, 42 tahun asal Kecamatan Curup Tengah, tidak ada keluhan dan saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Seterusnya kasus 73, laki laki berusia 36 tahun asal Kecamatan Curup Tengah, tidak ada keluhan dan saat ini dilakukan isolasi mandiri. Serta kasus 74, laki laki berusia 43 tahun asal Kecamatan Curup, tidak ada keluhan dan saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Untuk sampel uji swab yang diperiksa di laboratorium, kata dia, hingga saat ini mencapai 779 sampel, dengan hasil sebanyak 74 sampel dinyatakan terkonfirmasi positif dan 705 sampel dinyatakan negatif.

Selain itu pihaknya juga mencatat pelaku perjalanan dari kawasan zona merah sebanyak 13.570 orang, selanjutnya untuk data jumlah suspek 117 kasus, jumlah suspek discarded 105 kasus, jumlah suspek di isolasi empat kasus dan jumlah probable empat kasus.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020