Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan baru 59 desa atau 40 persen dari 148 desa di daerah ini yang telah membagikan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) bulan kelima kepada warga yang terdampak COVID-19.

"59 desa ini membagikan BLT-DD bulan kelima kepada warga terdampak COVID-19 terhitung akhir September 2020,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko M Fadli di Mukomuko, Sabtu.



Ia mengatakan 59 desa ini telah membagikan BLT-DD bulan kelima karena desa ini sudah menerima penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga. Sedangkan puluhan desa lainnya sedang proses pengajuan penyaluran desa dan alokasi dana desa, tetapi desa ini belum menerima penyaluran dana tersebut.

Bahkan, sampai sekarang masih ada beberapa desa diantaranya yang belum membagikan BLT-DD bulan keempat kepada warga yang terdampak COVID-19, karena tidak tersedianya dana dalam rekening desa ini.

“Masih ada 11 desa lagi yang belum membagikan BLT-DD sampai sekarang, karena ketersediaan dana di rekening desa khusus untuk BLT-DD masih kurang,” ujarnya pula.

Belasan desa yang belum membagikan BLT-DD bulan keempat tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pondok Suguh, Air Rami dan Kecamatan Air Dikit.



Beberapa dari 11 desa ini telah mengajukan penyaluran dan alokasi dana desa tahap ketiga dan saat ini menunggu penyaluran dana untuk membagikan BLT-DD kepada masyarakat.

Dalam waktu dekat ini ada beberapa desa diantaranya segera menerima penyaluran dan alokasi dana desa tahap ketiga dari Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020