Bengkulu  (Antara Bengkulu) - Tinggi gelombang laut di perairan barat Bengkulu dan perairan Enggano 12 jam ke depan, diperkirakan dua meter.

"Sedangkan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu diperkirakan 1,5 meter," kata analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Goefisika Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Sabtu.

Ia menyebutkan angin di perairan barat Bengkulu berhembus dari timur hingga selatan dengan kecepatan 05-18 knots, dan angin di perairan Enggano berhembus timur hingga tenggara dengan kecepatan 05-17 knots.

Sedangkan angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 03-16 knots. Di wilayah itu juga berpeluang terjadi hujan ringan.

Berdasarkan hasil pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan berada di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Mentawai, Bengkulu, dan Samudera Hindia barat Nias hingga barat Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 05-29 km per jam, atau 03-16 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar berawan, antara lain terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur dan Kota Bengkulu, dengan suhu udara 23-32 derajat Celcius dan kelembaban 60-97 persen.

Namun, menurut dia, ada beberapa daerah masih berpeluang hujan ringan yaitu di Kabupaten Bengkulu Utara, Kepahiang dan Kabupaten Lebong. Suhu udaranya 19-29 derajat Celcius, dan kelembaban 70-98 persen.

Pewarta: Oleh Zulkifli Lubis

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013