Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyelesaikan pengerjaan rehabilitasi bangunan sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama di daerah ini yang rusak.

“Kami telah menyelesaikan pengerjaan rehabilitasi bangunan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di daerah ini tepat waktu,” kata Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Jumanto di Mukomuko, Sabtu.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko tahun 2020 ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sekolah dasar (SD) sebesar Rp4,7 miliar dan sekolah menengah pertama (SMP) sebesar Rp7,6 miliar.

Pengerjaan rehabilitasi bangunan SD dan SMP di daerah ini ini dilaksanakan secara swakelola oleh panitia pembangunan sekolah yang terdiri dari unsur masyarakat dan wali murid.

“Rehabilitasi bangunan sekolah rusak ini dilaksanakan oleh berbagai unsur masyarakat dan wali murid di daerah ini sehingga pengerjaan rehabilitasi secara transparan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, sebanyak 22 SD dan 25 SMP yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini yang mendapatkan kegiatan rehabilitasi bangunan sekolah yang bersumber dri dana alokasi khusus.

Sebanyak 22 SD mendapatkan DAK sebesar Rp4,7 miliar untuk rehabilitasi sebanyak 20 ruang di delapan SD, rehab tiga ruang perpustakaan di tiga sekolah, pembangunan jamban atau toilet di delapan sekolah, rehab satu ruang guru, pembangunan lima ruang kelas baru di dua sekolah.

Kemudian, sebanyak 25 SMP mendapatkan DAK sebesar Rp7,6 miliar untuk rehabilitas 26 ruang kelas di sembilan sekolah, rehab dua ruangan laboratorium IPA di dua sekolah, rehab dua ruang perpustakaan di dua sekolah, rehab empat ruang guru di empat sekolah.

Pembangunan dua ruangan laboratorium IPA di dua sekolah, pembangunan empat unit jamban atau toilet di empat sekolah, pembangunan dua ruangan laboratorium komputer di dua sekolah, demikian Jumanto.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020