Penyebaran kasus COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengalami penambahan 21 orang baru sehingga jumlahnya terhitung sejak kasus pertama pada Juni sampai sekarang telah menginfeksi 218 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong yang juga juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 setempat, Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan dari 218 orang yang terkonfirmasi positif ini sebanyak 158 orang sudah dinyatakan sembuh, tiga orang meninggal dunia dan 57 orang lainnya masih menjalani pengawasan dan karantina.

"Pada hari ini ada penambahan 21 kasus baru warga yang terkonfirmasi positif, sedangkan untuk warga yang dinyatakan sembuh pada hari ini ada lima orang," kata dia.

Dijelaskan dia, adanya penambahan kasus terkonfirmasi yang cukup banyak ini setelah hasil pemeriksaan sampelnya di laboratorium RSUD Curup ke luar.

Adapun 21 kasus baru tersebut kata dia, antara lain satu orang dari Kecamatan Curup Utara, kemudian 10 orang berasal dari Kecamatan Curup. Selanjutnya tiga orang berasal dari Kecanatan Curup Tengah, di mana salah satunya ialah kasus 215 seorang perempuan berusia 32 tahun yang memiliki riwayat kontak dengan kasus 171.

Seterusnya dua orang berasal dari Kecamatan Curup Timur, tiga orang dari Kecamatan Curup Selatan, satu orang dari Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) serta seorang lagi dari Kecamatan Selupu Rejang.

Ditambahkan dia, dari 21 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 itu saat ini tengah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan petugas dinas kesehatan daerah itu.

Selain itu, pihaknya juga mencatat ada lima warga terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh antara lain kasus 138 dan 153 asal Kecamatan Curup Tengah, kemudian kasus 158 dari Kecamatan Curup Timur, kasus 163 dari Kecamatan Curup Utara dan kasus 164 dari Kecamatan Curup.

Sementara itu untuk jumlah sampel yang sudah diperiksa di laboratorium sebanyak 1.423 sampel, dengan hasil 222 sampel dinyatakan positif, di mana dari jumlah ini empat diantaranya sampel titipan dari Kabupaten Kepahiang dan 1.201 sampel negatif.

Dia mengimbau masyarakat setempat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan jalan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir serta selalu menjaga jarak.***3***
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020