Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu mengumumkan total angka positif virus corona jenis baru di daerah itu mencapai 1.295 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni dalam keterangan tertulis, Kamis  mengatakan angka orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 terus bertambah setiap harinya.

Dalam sepekan terakhir sebanyak 155 orang di daerah itu dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 dan terbanyak merupakan warga yang berdomisili di Kota Bengkulu.

"Termasuk hari ini ada penambahan 13 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium PCR," ucap Herwan.

Kasus konfirmasi positif COVID-19 ditemukan diseluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu dengan status wilayah delapan kabupaten zona oranye, satu kabupaten zona kuning dan satu kota zona merah.

Untuk kasus terbanyak ditemukan di Kota Bengkulu yaitu 686 orang yang dinyatakan positif dan kasus tersebut membuat Kota Bengkulu menjadi daerah dengan zona merah.

Kemudian Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 230 kasus dan menjadi daerah dengan zona oranye bersama tujuh kabupaten lainnya yakni Kabupaten Kepahiang 95 kasus dan Kabupaten Mukomuko 80 kasus.

Lalu, Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 56 kasus, Kabupaten Seluma 49 kasus, Kabupaten Bengkulu Tengah 47 kasus, Kabupaten Bengkulu Selatan 30 kasus dan Kabupaten Kaur 26 kasus.

Sedangkan daerah yang paling sedikit ditemukan kasus konfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Bengkulu yakni di Kabupaten Lebong yang hanya lima kasus dan menjadi daerah zona kuning satu-satunya di Provinsi Bengkulu.

"Jika dipersentasekan total kasus konfirmasi positif COVID-19 kita sekitar 11,79 persen dari total spesimen yang sudah diperiksa yaitu sebanyak 10.975 spesimen," papar Herwan.

Selain itu, angka kematian akibat COVID-19 di Provinsi Bengkulu tercatat sebanyak 59 kasus atau jika dipersentasekan angka kematian mencapai 4,55 persen dari total kasus konfirmasi positif yang ditemukan.

Namun, kata Herwan, angka kesembuhan dari COVID-19 di daerah itu juga terus bertambah setiap harinya dan hingga kini tercatat sudah 959 orang yang dinyatakan sembuh dari paparan virus corona jenis baru di Provinsi Bengkulu.

Herwan mengklaim tingkat kesembuhan COVID-19 di daerah itu mencapai 74,5 persen dari total kasus konfirmasi positif yang ada.

"Tentunya kita terus berupaya agar mereka yang masih terinfeksi bisa segera sembuh dan kami juga terus mengimbau agar masyarakat jangan lengah dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," demikian Herwan.

Pewarta: Carminanda

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020