Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu memperbarui informasi potensi dampak hujan lebat berakibat banjir yang terjadi di 6 wilayah di Provinsi Bengkulu.

Adapun 6 wilayah kabupaten tersebut yakni Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, dan Kaur.

Di enam wilayah kabupaten ini sejumlah lokasi yang terdampak yaitu Air Napal, Bang Haji, Merigi Sakti, Pagar Jati, Merigi Kelindang, Karang Tinggi, Talang Empat, Pondok Kubang, Pondok Kelapa, Lubuk Sandi, Sukaraja, Air Periukan, Seluma Barat, Seluma, Seluma Utara, Seluma Timur, Seluma Selatan, Talo, Ulu Talo, Ilir Talo, Semidang Alas Maras, Muara Bangkahulu, Sungai Serut, Teluk Segara, Ratu Samban, Ratu Agung, Singaran Pati, Gading Cempaka, Selebar, Kampung Melayu, Pino Raya, Ulu Manna, Pino, Seginim, Air Nipis, Kedurang, Kota Manna, Pasar Manna, Manna, Seginim, Bunga mas, Kedurang Ilir, dan Padang Guci Hulu, Kaur Utara, Padang Guci Hilir, Kelam Tengah, Lungkang Kule, Tanjung Kemuning, Semidang Gumai, Kinal, Muara Sahung, Luas, Kaur Tengah, Tetap, Kaur Selatan, Maje, serta Nasal.

Prakirawan BMKG, Anjasman mengatakan potensi tersebut diperbaharui terjadi hingga 1 Desember 2020. 

"Melalui radar perkiraan cuaca resmi terlihat di wilayah ini berpotensi terjadi banjir," kata Anjas, Senin.

Selain itu, Anjas mengatakan di wilayah ini juga sangat mungkin terjadi genangan kecil air di daerah pesisir dan dataran rendah, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur maupun angin kencang.

"Kami menyarankan agar masyarakat pada wilayah ini untuk tetap tenang dan waspada. Berbagi informasi dengan tetangga di sekitar rumah dan terus perbaharui informasi akurat dari media resmi dan cari tahu informasi dari pihak kebencanaan," kata Anjas.

Pewarta: Bisri Mustofa

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020