Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebut Pemerintah Provinsi Bengkulu sedang menjajaki kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) untuk membenahi tata kelola keuangan daerah.

Ia menjelaskan, salah satu poin yang diharapkan dalam kerjasama tersebut yakni agar APBD Provinsi Bengkulu yang jumlahnya terbatas bisa memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat.

Termasuk, kata dia, meminta Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI mendampingi Pemprov Bengkulu dalam pengadaan barang dan jasa sehingga tercipta sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Kerjasama itu untuk meningkatkan SDM Bengkulu dalam hal pengelolaan keuangan yang akuntabel sehingga menjadi kebijakan publik yang kita tahu persis bagaimana anggaran yang terbatas itu nantinya betul-betul berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Bengkulu," kata Rohidin, Jumat.

Selain itu, dari kerjasama tersebut Pemerintah Provinsi Bengkulu berharap dapat menjadi jembatan bagi siswa-siswi SMA di Bengkulu untuk melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

"Kita juga akan mulai mendesain bagaimana ASN bisa tugas belajar tetapi tentu dengan kapasitas akademik yang bagus lalu bidang studi yang diambil betul-betul aplicable yang kita butuhkan dengan peningkatan kapabilitas APIP di Bengkulu," ucapnya.

Sementara itu, Pj Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI Beta Yulianita Gitaharie dalam pertemuan secara virtual bersama Gubernur Bengkulu menyambut baik rencana kerjasama antara kedua pihak.

Kata dia, beberapa lembaga yang bernaung di bawah FEB UI siap membantu Pemprov Bengkulu dalam tata kelola keuangan dan membuka kesempatan bagi generasi milenial Bengkulu untuk bersaing masuk menjadi mahasiswa UI.

"Seperti APIP mungkin nanti lembaga-lembaga di bawah departemen akuntansi atau manajemen yang nanti berkolaborasi disitu dan untuk kelanjutan studi sebenarnya kita sudah buka beberapa jalur, jika siswa itu berprestasi selama bisa memenuhi syarat ujian masuk di UI saya rasa terbuka untuk bisa masuk," demikian Beta.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020