Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan semua panitia pemilihan kecamatan (PPK) di daerah ini telah menuntaskan rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Serentak 2020.

“Semua PPK yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini sudah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Serentak 2020, selanjutnya  KPU yang akan melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin di Mukomuko, Senin.

Menurut dia, semua PPK yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini telah menyerahkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pilkada tersebut kepada KPU setempat, tetapi hasil rekapitulasi penghitungan suara dari PPK tersebut belum direkapitulasi seluruhnya oleh lembaganya.

"Selanjutnya KPU akan menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten untuk menentukan jumlah perolehan suara masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati dan gubernur dan wakil gubernur peserta Pilkada Serentak 2020," katanya.

KPU Mukomuko menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pilkada untuk menetapkan berapa banyak angka partisipasi masyarakat di daerah ini yang menggunakan hak pilih dalam Pilkada Serentak 2020.

“Kami menargetkan angka partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2020 sebesar 85 persen, atau sama dengan target partisipasi pemilih pada pemilihan legislatif,” ujarnya.

Kendati demikian, ia memperkirakan partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih dalam Pilkada Serentak 2020 di daerah ini berkisar 80 persen, kurang dari target yang telah ditetapkan.

“Partisipasi pemilih di pilkada diperkirakan berada di angka 79 persen dan hampir mendekati 80 persen,” ujarnya.

Sebanyak 124.418 pemilih masuk dalam daftar pemilih tetap pada Pilkada Serentak 2020, terdiri dari laki-laki sebanyak 63.580 orang dan perempuan sebanyak 60.838 orang.

Pilkada 2020 di Kabupaten Mukomuko diikuti oleh dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, yakni pasangan nomor urut 1 Choirul Huda-Rahmadi dan pasangan nomor urut 2 Sapuan-Wasri.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020