Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu seleksi terhadap  institusi masyarakat pedesaan (IMP), PLKB dan peserta KB Lestari tingkat provinsi.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Widati melalui Kepala Bidang ADPIN Iskandar mengatakan, seleksi dilaksanakan pada 6 Mei 2013, di kantor BKKBN yang diikuti dari sejumlah daerah kabupaten/kota, katanya.

Peserta terdiri dari kabupaten/kota sebanyak 53 orang yakni 6 orang dari kabupaten Bengkulu Utara, 6 orang dari Kabupaten Bengkulu selatan, 4 orang dari Kabupaten Bengkulu Tengah, 4 orang dari Kota Bengkulu, 4 orang dari Kabupaten Kaur, 6 orang dari Kabupaten Seluma, 4 orang dari Kabupaten Lebong, 6 orang dari Kabupaten Rejang Lebong, 6 orang dari Kabupaten Kepahiang dan 7 orang dari Kabupaten Mukomuko.

Keberhasilan program Kependudukan dan KB Nasional selama ini tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyarakat termasuk keluarga-keluarga yang turut berperan serta menjadi pasangan peserta KB secara lestari.

Mengingat kategori Institusi Masyarakat Pedesaan dan petugas lapangan KB merupakan potensi yang sangat besar dalam upaya mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, maka perlu diberdayakan untuk membantu mensukseskan program KKB Nasional.

Pemenang kader Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan (IMP) terbaik I diraih oleh Rohima perwakilan dari Kabupaten Bengkulu Tengah, terbaik II diraih oleh Nurbaiti perwakilan dari Kabupaten Rejang Lebong, dan terbaik III diraih oleh Emi Widiati perwakilan dari Kabupaten MUkomuko.

Pemenang petugas lapangan KB (PLKB/PKB) terbaik I diraih oleh Juariatun perwakilan dari Kabupaten Mukomuko, terbaik II diraih oleh Lutvi Woro Handayani perwakilan dari kota Bengkulu, dan terbaik III diraih oleh Septida Esti perwakilan dari Kabupaten Bengkulu selatan.

Pemenang pasangan KB lestari (10 tahun) diraih oleh Mirhan/Sirawani dari kabupaten Seluma, pasangan KB lestari (15 tahun) diraih oleh Sunaina/Endang Sueb dari Kabupaten Kepahiang, dan pasangan KB lestari (20 tahun) diraih oleh sigit Sudarmono/Siyanti dari Kabupaten Seluma.

Melalui penilaian lomba pasangan KB lestari selain keberadaannya akan menjadi public figure juga diharapkan akan semakin berperan aktif dalam mengelola program kependudukan dan KB di lini lapangan, imbaunya.
kegiatan ini diharapkan dapat memacu Kader, PLKB/PKB dan pasangan peserta KB lestari dalam meningkatkan kualitas dan pengabdiannya, katanya.(ve)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013