Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku siap menjadi orang pertama di daerahnya yang disuntik vaksin CoronaVac yang merupakan vaksin COVID-19 produksi perusahaan Sinovac.

"Kita memulai pertama untuk memberikan keyakinan kepada publik. Nanti gubernur bersama FKPD, kepala dinas kesehatan, direktur rumah sakit dan Ketua BMA baru kemudian disusul masyarakat," kata Rohidin di Bengkulu, Jumat.

Rohidin menyebut pihaknya telah menerima sebanyak 20.280 dosis vaksin CoronaVac buatan Sinovac dan vaksinasi akan dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah pusat yaitu paling lambat Jumat (15/1).

Rohidin juga mengklaim seluruh persiapan pelaksanaan vaksinasi sudah berjalan sesuai aturan, termasuk kesiapan tenaga kesehatan yang nantinya akan menjadi vaksinator.

Namun, kata Rohidin, untuk tahap pertama vaksin CoronaVac buatan Sinovac ini akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang menangani kasus COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menjelaskan, nantinya setiap tenaga kesehatan mendapat dua dosis vaksin.

"Satu orang akan mendapat dua dosis vaksin dengan aturan satu dosis pertama disuntikan, lalu menyusul setelah 14 hari akan diberikan dosis ke dua," ucapnya.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021