Lubuklinggau (Antara Bengkulu) - Sebanyak 175 kepala keluarga dari kalangan masyarakat miskin di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, tahun ini menerima program bantuan pemasangan listrik gratis.

"Pemasangan listrik gratis untuk kalangan masyarakat miskin ini merupakan bantuan dari Pemprov Sumsel dalam program listrik murah dan hemat. Untuk Kota Lubuklinggau pemasangan listrik gratis ini diterima oleh 175 KK, dari 2.000 KK penerima bantuan pemasangan listrik gratis se Sumsel," kata kepala bidang Pertambangan dan Energi pada Dinas PU Kota Lubuklinggau, Misno Sarman, saat dihubungi Minggu.

Proses pemasangan listrik gratis untuk kalangan masyarakat setempat kata dia, akan dilakukan oleh rekanan Distamben Sumsel, yang saat ini masih dalam proses tender dan diperkirakan sudah dilaksanakan pada akhir Juni 2013. Sedangkan pihaknya hanya bertindak selaku penerima bantuan dengan menyiapkan data-data masyarakat yang berhak menerimanya.

Penjaringan masyarakat miskin untuk mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis tersebut telah mereka laksanakan pada Februari 2013 lalu, data-data calon penerima bantuan ini berasal dari 72 kelurahan pada delapan kecamatan di daerah itu, dimana data-data ini sudah di survey pihak Pemprov Sumsel dan dinyatakan layak menerima bantuan tersebut.

Kalangan warga yang menerima bantuan program listrik murah dan hemat ini kata dia, akan mendapatkan pemasangan listrik gratis dengan KWH listrik pascabayar. Listrik pascabayar ini berupa listrik yang menggunakan pulsa atau token sehingga besaran pemakaian perbulannya ditentukan oleh pulsa yang ada.

Penggunaan listrik semacam ini merupakan penguna listrik pintar, jika pemakaian hemat maka pulsa yang digunakan perbulannya juga sedikit begitu juga sebaliknya jika masyarakat boros listrik maka pulsa yang dibeli perbulannya juga banyak. Untuk isi ulang pulsa atau token pelanggan listrik pascabayar cukup membawa kartu listrik dan membelinya diagen pembayaran listrik, di bank dan loket PLN. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013