Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, menyatakan hingga kini masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Provinsi Bengkulu,terkait teknis pendistribusian vaksin COVID-19 untuk daerah ini.

“Sampai sekarang kami menunggu petunjuk provinsi terkait pendistribusian vaksin COVID-19 dikirim atau dijemput ke provinsi. Kalau gambaran sementara pelaksanaan pendistribusian vaksin COVID-19 di awal bulan Februari 2021,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Desriani di Mukomuko, Kamis.

Terkait dengan teknis pendistribusian vaksin COVID-19 untuk kabupaten ini, katanya, pihaknya selalu konsultasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah provinsi berkonsultasi dengan pemerintah pusat.

Pemerintah pusat sebelumnya telah mendistribusikan vaksin COVID-19 ke Provinsi Bengkulu, selanjutnya untuk pendistribusian vaksin tersebut menunggu petunjuk dari pemerintah provinsi.

Ia menyatakan, saat ini pemerintah daerah setempat telah “Stand by” atau bersiap menunggu distribusi vaksin COVID-19 tersebut dari pemerintah provinsi ke Kabupaten Mukomuko.

Sementara itu, pemerintah setempat telah menyiapkan sebanyak 19 tempat pelayanan vaksinasi COVID-19, yang meliputi puskesmas, rumah sakit umum daerah, dan markas kepolisian resor.

Selain itu, katanya, ada tim khusus yang terdiri atas tujuh orang atau lebih, termasuk di antaranya petugas kesehatan, akan disiagakan di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi di puskesmas daerah ini.

"Kalau secara teknis kita sudah siap tempat pelayanan sudah kita tunjukkan termasuk pelaksanaan sudah disiapkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa ada 124.097 orang di 15 kecamatan yang diusulkan menjadi sasaran vaksinasi COVID-19.

Sasaran vaksinasi, menurut dia, paling banyak warga berumur 25 sampai 29 tahun (19.114 orang) dan paling sedikit warga berumur 55 sampai 59 tahun (96.663 orang).

Pada tahap pertama vaksinasi, ia melanjutkan, vaksin COVID-19 rencananya akan diberikan kepada 1.993 orang yang terdiri atas pegawai Dinas Kesehatan, petugas puskesmas, pegawai RSUD Mukomuko, petugas kepolisian resor, dan personel TNI. ***3***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021