Pemerintah Kota Bengkulu mendorong agar setiap kelurahan di daerah itu memiliki area perkebunan sayur mayur yang berguna untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan, saat ini baru empat kecamatan yang sudah memiliki kebun sayur mayur yaitu Kecamatan Muara Bangkahulu, Gading Cempaka, Ratu Samban dan Kampung Melayu.

Kebun sayur mayur dan buah-buahan di empat kecamatan tersebut dibangun melalui program kampung berseri.

"Saya juga menyampaikan pesan kepada kadis pertanian, nanti tolong libatkan camat dan lurah agar kampung berseri dengan kebun seperti ini ada setiap kelurahan," kata Dedy di Kota Bengkulu, Jumat.

Dedy menjelaskan, kelompok tani Kampung Berseri Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu dapat dijadikan salah satu contoh keberhasilan dalam menjaga ketahanan pangan karena berhasil melalukan panen raya kebun melon.

Selain untuk menjaga ketahanan pangan, menurut Dedy, keberadaan kebun sayur mayur di seluruh kelurahan itu juga akan sangat membantu masyarakat melewati pandemi COVID-19, dimana situasi ini mengharuskan masyarakat mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Kita khawatir akibat pandemi COVID-19 ini ketahanan pangan kita terganggu. Dengan kampung berseri atau kampung tangguh ini saya yakin kita bisa menjaga ketahanan pangan, terlebih di masa pandemi ini," demikian Dedy.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021