Jambi (Antara Bengkulu) - Empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi mengikuti deklarasi dan kampanye damai sebagai tahapan awal Pilkada Kota Jambi pada 29 Juni mendatang.

Deklarasi dan kampanye damai Pilkada Jambi 2013, diikuti empat pasangan calon yang digelar di GOR Kota Baru, Jambi, Selasa.

Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini hasil kesepakatan dari semua kandidat cawako Jambi dalam tahapan pelaksanaan Pilkada Kota Jambi.

Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan damai dan salah satu kegiatannya adalah dengan membuat komitmen bersama dalam deklarasi dan kampanye damai yang merupakan salah rangkaian Pilkada Jambi.

Kampanye Pilkada Jambi calon wali kota dan wakil wali kota Jambi akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai 12 - 21 Juni nanti.

Kemudian, Ratna Dewi juga mengingatkan, kepada seluruh pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi untuk tidak melanggar kampanye dengan tidak menyinggung masalah Sara, menghasut dan tidak mengadu domba, tidak mengancam dengan kekerasan serta lainnya.

Keempat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi yakni Bambang-Yeri, Sum Indra-Maulana, Fasya-Abdulah Sani dan Effendi-Nawi membaca dan menandatangani ikrar kampanye damai di Gor Kota Baru, Jambi.

Kemudian masing-masing kandidat yang maju Pilkada Jambi menyampaikan sambutan atas kampanye damai Pilkada tersebut.

Selanjutnya usai pelaksanaan kampanye damai, keempat pasang calon wali kota dan wakil wali kota ikut melakukan pawai kendaraan yang dimulai dari kendaraan KPU Kota Jambi.

Kendaraan pawai aksi kampanye damai pertama dilakukan oleh pasangan nomor urut satu Bambang-Yeri yang diusung PKS dan PKB, PKPI dan PPI.

Kemudian disusul oleh pasangan nomor urut dua Sum Indra-Maulana yang diusung PAN, PKPB, PBB dan PDK, disusul kendaraan pasangan nomor urut tiga, Fasya-Abdullah Sani yang diusung Golkar, PDI-P, PPP, PDS, Gerinda.

Kemudian terakhir kendaraan pawai ditutup oleh pasangan nomor urut empat, Effendi-Nawi yang diusung Demokrat dan Hanura.

Pilkada Jambi yang dilaksanakan pada 29 Juni nanti memiliki jumlah mata pilih yang sah sebanyak 415.068 orang. (Antara)

Pewarta: Oleh Nanang Mairiadi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013