Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan kebun percontohan buah-buahan lokal khas daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Suherman di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan program pembuatan kebun percontohan buah-buahan lokal ini untuk memudahkan masyarakat untuk mempelajari keunggulan maupun upaya membudidayakannya.

"Kebun buah percontohan yang akan kita buat ini adalah kebun pisang ambon Curup yang merupakan buah lokal khas Rejang Lebong, kemudian kebun durian dan alpokat," kata dia.

Kebun  pisang percontohan atau demplot ini akan didirikan di belakang kantor Distankan Rejang Lebong yang berada di wilayah Kecamatan Curup Tengah dengan luasan lahan seluas setengah hektare, di mana pisang yang akan ditanam jenis pisang ambon Curup HJ kuning yang sudah didaftarkan sebagai pisang varietas setempat.

Sedangkan untuk perkebunan buahan lokal lainnya, ialah kebun durian dan alpukat yang akan dikembangkan di wilayah Kecamatan Kota Padang dengan luasan lahan mencapai 3 hektare, di mana lahannya berada di pinggir jalan dan terintegrasi dengan tempat wisata di daerah itu.

"Untuk bibit pisangnya kita siapkan sendiri, kalau bibit durian kita mendapat bantuan berupa bibit unggulan Bengkulu jenis bintara dari Balai Benih Hortikultura atau BBH Bengkulu," terangnya.

Sedangkan untuk bibit buah alpokat tambah dia, akan menggunakan bibit yang banyak beredar dan di tanam oleh masyarakat di daerah itu.

Pengembangan kebun buah percontohan itu nantinya selain akan memudahkan penelitian dan petani lainnya yang akan belajar membudidayakannya juga menjadi lokasi agrowisata yang menarik dikunjungi orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021