Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menyebutkan Brigade Infanteri (Brigif) 8/Garuda Cakti Rejang Lebong, Bengkulu saat ini membawahi dua batalyon infanteri di wilayah itu.

"Sementara ini Brigif 8 Garuda Cakti hanya membawahi dua batalyon, nantinya akan di tata ulang sehingga brigade ini akan lengkap membawahi tiga batalyon," kata Pangdam II Sriwijaya Mayen Agus Suhardi usai meresmikan Satuan Brigif 8/Garuda Cakti yang bermarkas di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Rabu.

Dia mengatakan, untuk sementara Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti tersebut baru membawahi dua satuan tempur yakni Batalyon Infanteri (Yonif) yaitu Yonif 141/AYJP yang sebelumnya di bawah kendali Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) dan Yonif 144/JY di bawah kendali Korem 041 Garuda Emas (Gamas).

Kendati baru membawahi dua batalyon infanteri keberadaan Brigif 8 Garuda Cakti tersebut kata dia, sudah memenuhi standar dan sudah cukup untuk melaksanakan tugasnya dalam pertahanan negara.

Sedangkan untuk penambahan satuan yang akan tergabung dalam Brigif 8/Garuda Cakti kedepannya tambah dia, berkemungkinan akan ada lagi namun harus dilakukan berdasarkan kajian dan evaluasi terlebih dahulu sehingga kebutuhan standar untuk brigade terpenuhi serta menyesuaikan dengan wilayah.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah dalam kesempatan itu mengharapkan dengan kehadiran Brigif 8/Garuda Cakti di wilayah itu nantinya akan menghidupkan geliat ekonomi masyarakat Kecamatan Padang Ulak Tanding dan sekitarnya.

"Keberadaan Brigif di Kecamatan Padang Ulak Tanding ini tentunya akan membawa dampak yang baik untuk masyarakat terutama perekonomian masyarakat, kedepannya kita harapkan ekonomi masyarakat akan meningkat, mudah-mudahan batalyonnya ditambah lagi," kata Wagub Rosjonsyah.

Selain itu, Pemprov Bengkulu tambah Rosjonsyah akan selalu mendukung program-program TNI di wilayah itu dan akan melakukan koordinasi dengan Pangdam II Sriwijaya mengenai pengembangan Brigif 8 Garuda Cakti TNI kedepannya.

Kehadiran Pangdam II Sriwijaya ke Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong ini selain meresmikan Satuan dan Pelantikan Komandan Brigade Infanteri 8 Garuda Cakti yang dijabat Letkol Inf Andar Rudianto Panggabean, kemudian alih komando lapangan Yonif 141/AYJP dari Korem 044 Gapo dan Yonif 144/JY dari Korem 041 Gamas ke Brigif 8 Garuda Cakti.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021