Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membeli sebanyak 3.000 benih ikan gurami untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejahtera Mandiri Desa Bumi Mulya.

Upaya ini guna menindaklanjuti usulan bantuan benih ikan gurami dalam Musyawarah Rencana Pembangununan Kecamatan 2020.

“Awalnya usulan masyarakat petani di desa ini mengusulkan sebanyak 10.000 benih ikan gurami, tetapi anggaran yang ada terbatas dan hanya cukup untuk membeli sebanyak 3.000 benih ikan gurami,” kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Azbas Novyan, di Mukomuko, Rabu.



Ia menyebutkan, Dinas Perikanan setempat hanya mendapat dana sebesar Rp16 juta yang bersumber dari APBD 2021 untuk membeli 3.000 benih ikan untuk satu BUMDes di sana.

Ia mengatakan, instansinya memberikan bantuan benih ikan gurami kepada BUMDes bukan kepada kelompok pembudi daya ikan karena belum ada lembaga yang bergerak di sektor budi daya perikanan ikan air tawar di sana.



Kemudian instansinya memutuskan menyalurkan bantuan ribuan benih ikan gurami ini kepada BUMDes, yang merupakan lembaga resmi di lingkungan pemerintah desa setempat.

Ia mengatakan, BUMDes yang menjadi calon penerima ribuan benih ikan gurami ini harus menyediakan sarana dan prasarana seperti kolam ikan untuk menampung ikan gurami ini.



Ia berharap, bantuan benih ikan untuk BUMDes di sana dapat berkembang dan bisa menjadi usaha utama, selain itu dapat menambah pendapatan asli di desa tersebut.

Selanjutnya, ia menyarankan kepada masyarakat petani yang mengusulkan bantuan benih ikan atau sarana budi daya ikan air tawar agar membuat kelembagaan sebagai dasar menerima bantuan dari pemerintah.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021