Sebanyak 42 warga Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu yang kontak erat dengan pasien COVID-19 mengikuti tes usap guna pencegahan penyebaran virus corona jenis baru itu.

“Berdasarkan hasil 'tracking' (pelacakan) sebanyak 42 orang warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19, selanjutnya warga ini menjalani tes usap di Kantor Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Rami,” kata Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Andy Arisandi dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Ia menerima laporan terkait dengan hasil kegiatan personel polisi dalam melakukan monitoring dan pengamanan kegiatan tes usap di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Manjunto dari Polsek Lubuk Pinang.

Sebanyak 42 orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 di Desa Tirta Makmur, Kecamatan Air Manjuto yang menjalani tes usap guna pencegahan penyebaran virus corona.

Ia memastikan tenaga kesehatan yang melaksanakan pengambilan sampel tes usap terhadap puluhan orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan warga yang sudah dilakukan tes usap diwajibkan isolasi mandiri di rumah masing-masing guna memutuskan penularan virus corona di daerah ini.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo mengatakan sejumlah tenaga kesehatan dari instansinya dan puskesmas sejak beberapa hari terakhir melakukan tes usap terhadap orang yang kontak erat di sejumlah daerah ini.

Ia mengatakan sejumlah tenaga kesehatan yang melakukan tes usap terhadap orang yang kontak erat dengan pasien terbagi menjadi tim dan mengambil tes usap terhadap warga di Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan Penarik, Kecamatan Teras Terunjam dan Kecamatan Air Rami.

“Waktu dan tempat pelaksanaan tes usap terhadap warga ini berbeda-beda tetapi pengiriman sampel tes usap milik warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 dikirim serentak,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021