Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah warga daerah itu yang terinfeksi COVID-19 bertambah 23 orang sehingga totalnya menjadi 871 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Sabtu mengatakan jumlah warga daerah itu yang terpapar virus mematikan tersebut dalam beberapa pekan belakangan mengalami peningkatan sehingga harus diwaspadai agar tidak terus bertambah.

"Pada hari ada penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 23 kasus, sehingga total jumlah kasus konfirmasi sampai saat ini menjadi 871 kasus," kata dia.

Dia mengatakan, dari 871 kasus warga yang terkonfirmasi positif ini sebanyak 773 kasus dinyatakan telah sembuh, kemudian 18 kasus dinyatakan meninggal dunia, serta sebanyak 80 kasus masih dalam pengawasan.

Penambahan 23 kasus terkonfirmasi positif baru ini, kata dia, berasal dari beberapa kecamatan di Rejang Lebong antara lain dari Kecamatan Curup Selatan dua orang, tiga orang dari Kecamatan Curup Timur, satu orang dari Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Kemudian tujuh orang dari Kecamatan Curup, sembilan orang dari Kecamatan Curup Tengah serta satu orang lagi dari Kecamatan Selupu Rejang.

Ia menambahkan, dari 23 pasien COVID-19 baru ini tercatat sebanyak tujuh orang tengah menjalani perawatan di RSUD Curup, sedangkan 16 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Adapun tujuh pasien yang menjalani perawatan di RSUD Curup ini diantaranya dua orang dari Kecamatan Curup Tengah yaitu kasus 854, laki-laki berusia 61 tahun, dan kasus 855, berjenis kelamin perempuan berusia 66 tahun. Seterusnya kasus 856 berjenis kelamin laki-laki berusia 47 tahun dari Kecamatan Curup Selatan.

Selanjutnya dua orang dari Kecamatan Curup Timur yakni kasus 868 berjenis kelamin perempuan berusia 8 tahun, dan kasus 871 berjenis kelamin laki-laki berusia 68 tahun. Serta dua kasus lainnya dari Kecamatan Curup yakni kasus 869 berjenis kelamin perempuan berusia 15 tahun, serta kasus 870 berjenis kelamin perempuan berusia 50 tahun.

Sementara itu, data jumlah kasus suspect sebanyak 494 kasus, dengan jumlah suspect di isolasi ada empat kasus, serta data sampel tes usap (swab) yang telah diperiksa di laboratorium sebanyak 3.432 spesimen.

Dia mengimbau, masyarakat Rejang Lebong untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021