Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu bersama dengan anggota TNI, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), OKP dan komunitas yang ada di wilayah itu, Jumat, menggelar bakti sosial membersihkan Tugu Pahlawan Desa Tabarenah di Kecamatan Curup Utara.

Ketua DPD KNPI Rejang Lebong Khirdes Lapendo Pasju usai kegiatan mengatakan, bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam menyambut dan memperingati HUT Kota Curup (ibu kota Rejang Lebong) ke 141 yang jatuh 29 Mei besok, di mana dalam pelaksanaannya melibatkan ratusan personel.

"Tugu Pahlawan ini merupakan monumen sejarah perjuangan pahlawan-pahlawan Kabupaten Rejang Lebong khususnya di Desa Tabarenah. Pada hari ini kita secara bersama-sama menggelar bakti sosial membersihkan bangunan bersejarah ini sekaligus mengenalkannya kepada adik-adik komunitas yang datang kesini," terangnya.

Dijelaskan Khirdes yang juga menjabat sebagai Kepala Disdikbud Rejang Lebong ini, kedepannya lokasi bersejarah itu akan terus dimanfaatkan dengan menggelar berbagai kegiatan lainnya sehingga keberadaannya bisa terpelihara serta menjadi sarana edukasi bagi masyarakat di daerah itu.

Lokasi Tugu Pahlawan Desa Tabarenah itu sendiri berada dipinggir sungai yang masih alami, jika ini dikelola dan dimanfaatkan tentunya akan menjadi destinasi wisata alam dan bersejarah yang menarik.

"Insya Allah kedepannya kita punya program-program lainnya setelah bincang-bincang dengan kawan-kawan komunitas, OKP salah satunya dari Mapasta IAIN Curup untuk kedepannya memberdayakan wilayah yang potensial ini untuk kegiatan bakti sosial seperti kemah bakti dan lainnya," tambah dia.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0409/Rejang Lebong Kapten CBA Arif yang datang bersama dengan 50 personel TNI dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada KNPI dan OKP se Kabupaten Rejang Lebong yang terlibat dalam bakti sosial pembersihan Tugu Pahlawan Desa Tabarenah yang kondisinya tidak terawat itu.

Dia berharap, kegiatan yang dilaksanakan kelompok pemuda Rejang Lebong ini kedepannya akan dapat ditiru oleh yang lainnya sehingga bangunan bersejarah itu tidak cepat rusak dan terpelihara dengan baik.

Pantauan pada kegiatan bakti sosial ini juga diisi doa bersama untuk bangsa Palestina yang sedang berjuang melawan agresi Israel.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021