Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan 94 orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 di tiga wilayah setempat mengikuti tes usap, sejak beberapa hari terakhir.

“Pengambilan sampel 'swab' (usap) kontak erat, suspek dan ‘follow up’ kasus konfirmasi di Puskesmas Bukit Mulya dengan jumlah 94 sampel,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil pengambilan sampel tes usap terhadap 94 warga yang kontak erat dengan pasien, yang tersebar di tiga wilayah setempat.

Ia menyebutkan dari 94 orang yang mengikuti tes usap COVID-19, tercatat 59 orang berasal dari Kecamatan Penarik, tiga orang dari Kecamatan Teramang Jaya, dan 32 orang dari Desa Dusun Baru.

Ia menjelaskan dari sampel usap 94 warga tersebut, yang dinyatakan suspect selanjutnya dikirim ke laboratorium kesehatan di Kota Bengkulu.

Terhadap puluhan orang yang telah mengikuti tes usap tersebut diminta untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona baru di daerah ini.

Ia menyebutkan jumlah kasus positif COVID-19 di daerah ini dalam beberapa hari terakhir bertambah 48 orang sehingga jumlah totalnya menjadi 838 orang.

Ia menyebutkan dari 48 kasus positif COVID-19, sebanyak 26 kasus di antaranya dari Kecamatan Air Dikit, 18 kasus dari Kecamatan Penarik, dua kasus dari Kecamatan XIV Air Manjuto, dan dua kasus dari Kecamatan V Koto.

Dari 48 kasus positif COVID-19 di daerah tersebut, sebanyak 26 orang pasien COVID-19 di antaranya tanpa gejala dan 22 orang mengalami berbagai gejala, yakni demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, sesak napas, dan anosmia.

Riwayat kontak 35 dari 48 kasus COVID-19 di daerah ini, katanya, pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 dan 13 kasus COVID-19 belum diketahui riwayat kontaknya sampai dengan sekarang.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021