Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam rangka menunjang usaha perekonomian masyarakat di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Pemkab terus mendorong agar sektor pertanian ini bisa berjalan sesuai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini terus ditingkatkan," kata Bupati Kabupaten Mukomuko Ichwan Yunus di Mukomuko, Jumat.

Hal ini disampaikan Bupati Ichwan Yunus pada rapat Paripurna Istimewa DPRD setempat dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke IX daerah ini.

Program dan kegiatan yang telah dilaksanakan pemerintah setempat dalam rangka meningkatkan sektor pertanian dengan pembangunan jalan pertanian yang telah dibangun hingga 2011 sepanjang 67 kilometer bersumber dari dana APBD dan APBN.

Kemudian juga dibangun dan diherabilitasi jaringan irigasi tingkat usaha tani dan jaringan irigasi desa serta optimalisasi lahan pertanian dan cetak sawah hingga tahun 2011 seluas 620 hektare.

Kegiatan pengembangan usaha agribisnis perdesaan (PUAP) sejak 2008 hingga 2011 sebanyak 99 desa/gabungan kelompok tani (Gapoktan) dengan jumlah dana yang tersalur Rp9,9 miliar melalui sumber APBN.

"Dengan kegiatan PUAP ini, Gapoktan telah berhasil mengembangkankan usaha pengadaan pupuk, ternak, bibit sawit, dan bantuan modal bagi pedagang," katanya.

Tidak lupa kata Ichwan Yunus, sejumlah kelompok tani dibantu peralatan pertanian sebanyak 309 traktor tangan bagi 309 kelompok tani, power tresher 83 unit untuk 83 kelompok tani, cornseller 68 unit, mesin rumput 100 unit.

Dengan program dan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana pendukung pertanian tersebut, produksi padi Kabupaten Mukomuko hingga tahun 2010 sebanyak 299.437 ton dengan luas areal panen 69.143 hektare atau setiap tahun produksi beras mengalami peningkatan lima persen.

Berkat keberhasilan dan peningkatan produksi beras, kata dia, daerah ini pada 2008 hingga 2009 mendapatkan penghargaan P2BN dari Presiden Republik Indonesia.(adv/FTO)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012