Jaringan Indonesia World Music Series (IWMS) menetapkan Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah pelaksanaan festival musik berbasis tradisi yang akan digelar secara virtual atau melalui live streaming pada Juli 2021.

Direktur Festival IWMS Wilayah Bengkulu Andika Eri Putra di Bengkulu, Jumat, mengatakan, pelaksanaan festival musik tahunan ini nantinya akan dikelola oleh Root World Music Performance yang merupakan jaringan kerja IWMS di Bengkulu.

"Untuk tahun ini Bengkulu yang ditunjuk sebagai tuan rumah, meskipun nantinya festivalnya akan digelar secara virtual karena masih pandemi COVID-19. Kegiatannya pada Juli nanti dan sekarang kami sedang mempersiapkan teknis pelaksanaannya," kata Andika.

Andika menjelaskan IWMS merupakan sebuah jaringan kerja kelompok musik Nusantara yang berkomitmen untuk bersama-sama memajukan musik Indonesia yang berbasis tradisi.

Jaringan kerja ini juga berkomitmen menyelenggarakan agenda pergelaran musik berbasis tradisi setiap tahunnya secara estafet di setiap wilayah di Indonesia.

Pada 2020 festival musik ini diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat, yang diselenggarakan oleh Ethnic Creative Base sebagai sub-jaringan IWMS.

Untuk seri festival yang akan diselenggarakan di Bengkulu nanti akan menampilkan 10 kelompok musik dari 9 wilayah Indonesia.

Andika berharap kegiatan itu dapat mengangkat nama Provinsi Bengkulu dan memperkenalkan beragam musim tradisi daerah ini ke tingkat nasional serta bisa didukung oleh pemerintah daerah.

Selain itu, kegiatan ini dinilai juga dapat meningkatkan kunjungan pariwisata di Bengkulu, sehingga akan berdampak pada pemulihan ekonomi daerah yang terimbas pandemi COVID-19.

"Saat ini panitia sedang mempersiapkan teknis pelaksanaan, berkoordinasi dengan para pihak yang bisa mendukung kegiatan ini baik dari pemerintah dan swasta. dijadwalkan akhir bulan Juni semua peserta sudah mengirimkan video pertunjukan yg sesuai dengan juknis yang kita sepakati," kata Andika.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021