Bengkulu, (Antara Bengkulu) - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kota Bengkulu menargetkan perolehan empat kursi di DPRD setempat pada Pemilu Legislatif 2014.

"Kita tidak muluk-muluk, kita tahu masih ada (partai) yang lebih besar dari kita dan mempunyai basis massa yang besar, namun empat dari 35 kursi itu menurut saya target yang pantas," kata Ketua DPK PKPI Kota Bengkulu Elfian Kurniansyah di Bengkulu, Kamis.

Lebih lanjut, kata dia, PKPI optimistis meraih satu kursi DPRD Kota Bengkulu dari setiap daerah pemilihan (dapil).

"Target tersebut saya pikir realistis, karena kita punya empat dapil di Kota Bengkulu, di setiap dapil ada sembilan caleg yang akan maju," kata dia.

Dia menargetkan, setidaknya dari setiap dapil dapat meraup 4.000 suara dari 174.989 mata pilih yang diprediksinya.

"Biasanya pastisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif di periode sebelumnya itu berkisar sebesar 70 persen, jadi kita mengasumsikan partisipasi pemilu kali ini sekitar 174.989 dari 249.985 pemilih tetap, dan kita yakin dapat mengantongi 16.000 suara, dan itu cukup meloloskan empat kandidat caleg kita," kata dia.

Namun PKPI, kata dia, akan berusaha maksimal untuk meloloskan lebih banyak calonnya untuk duduk sebagai anggota DPRD Kota Bengkulu.

Keyakinan itu menurut dia didasari oleh karena beberapa calon yang diusung PKPI memiliki basis massa yang terbilang cukup besar.

"Pada periode masa jabatan 2009 - 2014, kita menempatkan satu kader sebagai anggota DPRD Kota Bengkulu, dan kali ini, kita juga punya caleg yang mencalonkan diri lewat PKPI dan dia saat ini duduk sebagai anggota DPRD Kota, dan kita juga punya calon yang berpengaruh di masyarakat, mereka tokoh di tengah masyarakat," kata dia.

Selain itu, menurut dia, langkah strategi lainya dengan cara PKPI mengusung wajah-wajah baru sebagai calon legislatif.

"Masyarakat sekarang sudah jenuh dengan wajah lama, oleh karena itu kita angkat wajah baru, mereka yang belum terkontaminasi oleh tindakan seperti korupsi, tindak kriminal dan mereka yang relatif bersih," ujarnya.

Dan untuk meraih target empat kursi DPRD Kota Bengkulu, kata dia, seluruh kadernya harus mampu manjalin hubungan baik dengan masyarakat.

"Calon kita harus tahu apa yang diinginkan rakyat, apa yang dibutuhkan mereka, dan juga keinginan rakyat itu harus diusung caleg kita, dan yang terpenting harus menjaga amanah rakyat. Selain hubungan baik dengan masyarakat, setiap calon juga harus kompak dan sama-sama menjalin hubungan baik juga," kata dia.

*

Pewarta: Pewarta Boyke Lw

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013