Mukomuko (Antara Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberdayakan kelompok masyarakat pesisir di daerah itu untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi pantai.

"Kita yang memberitahu masyarakat untuk menjaga kelestarian kawasan konservasi pantai," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Sukiman, di Mukomuko, Rabu.

Menurut dia, nantinya kelompok masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir di daerah tersebut yang menyampaikan kepada instansi itu jika terjadi kerusakan wilayah konservasi pantai.

Sehingga, kata dia, kelestarian kawasan konservasi pantai mulai dari Kecamatan Air Rami hingga Kota Mukomuko tetap terawat dan tujuanya lainnya untuk menjaga kawasan konservasi penyu.

"Penyu di tempat kita ini hampir punah, jadi salah satu upaya kita dengan menjaga kelestarian kawasan konservasi pantai yang menjadi tempat penyu berkembangbiak," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menanam pohon sepanjang kawasan konservasi pantai di daerah itu dan dan pohonnya diusulkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ditanya kontribusi dari instansi untuk kelompok masyarakat pesisir, menurut dia, untuk sementara ini belum ada tetapi tujuan memberdayakan masyarakat pesisir itu kepentingan jangka panjang.

"Kalau misalnya penyu sudah banyak yang berkembangbiak di kawasan konservasi pantai kita bisa saja masyarakat pesisir memanfaatkan itu untuk kepentingan ekonomi mereka," katanya lagi.

Selanjutnya, pihaknya akan rutin mengawasi kawasan konservasi pantai di daerah itu dari berbagai aktivitas penebangan pohon termasuk mendirikan bangunan dekat pantai itu. (Antara)

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013