Kantor Wilayah Perum Bulog Provinsi Bengkulu menyalurkan 1,2 ribu ton beras bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada 122 ribu lebih keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Kepala Perum Bulog Bengkulu Roy Rahmadi Prawira di Bengkulu, Minggu mengatakan, masing-masing KPM akan menerima 10 kilogram beras bantuan PPKM yang penyalurannya mulai dilakukan sejak hari Minggu (18/7) hingga satu bulan ke depan.

"Sesuai arahan Bapak Presiden hari ini secara serentak Bulog memulai penyaluran beras bantuan PPKM bagi keluarga penerima manfaat untuk seluruh wilayah di Bengkulu," kata Roy saat diwawancarai usai melepas penyaluran perdana di gudang Bulog Sidomulyo, Kota Bengkulu.

Penerima manfaat program bantuan beras PPKM ini terdiri dari penerima Program Keluarga Harapan sebanyak 77,747 KPM dan penerima program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 44,891 KPM.

Adapun daftar rincian KPM berdasarkan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu yakni di Kabupaten Bengkulu utara sebanyak 25,203 KPM, Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 11,569 KPM dan Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 8,019 KPM.

Kemudian, Kota Bengkulu sebanyak 13,681 KPM, Kabupaten Seluma sebanyak 13,455 KPM, Kabupaten Kaur sebanyak 10,279 KPM dan Kabupaten Mukomuko sebanyak 10,981 KPM.

Lalu, penyaluran untuk tiga kabupaten oleh Kantor Cabang Bulog Rejang Lebong masing-masing untuk Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 16,979 KPM, Kabupaten Kepahiang sebanyak 6,965 KPM dan Kabupaten Lebong sebanyak 5,515 KPM.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai melepas penyaluran perdana bantuan beras PPKM ini meminta agar Bulog memastikan penyaluran beras itu nantinya benar-benar diterima oleh masyarakat yang berhak menerima.

Rohidin juga menekankan agar jajaran aparat penegak hukum termasuk TNI dan Polri ikut mengawasi penyaluran beras bantuan tersebut agar tepat sasaran.

"Di luar itu nanti kita juga akan mulai menyalurkan bantuan sosial yang melibat perusahaan dan Baznas. Kemudian juga dukungan bagi UMKM dengan memanfaatkan kredit ultra mikro dan lain-lain," kata Rohidin menjelaskan.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto menyampaikan pihaknya akan mendukung secara penuh pendistribusian bantuan beras PPKM yang akan di salurkan di seluruh daerah di Provinsi Bengkulu.

"Kami akan pantau dan juga lakukan pengawalan dalam penyaluran bantuan beras ini agar tepat sasaran sehingga dirasakan benar manfaatnya bagi masyarakat Bengkulu," demikian Kapolda Bengkulu. 

 

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021