Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah kasus positif COVID-19 sejak beberapa hari ini bertambah 15 orang, sehingga total menjadi 1.423 orang.

“Sejak beberapa hari ini ada lagi penambahan sebanyak 15 orang positif COVID-19 yang tersebar di lima dari 15 kecamatan di daerah ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, di Mukomuko, Sabtu.

Bustam Bustomo, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengatakan hal itu terkait dengan narasi perkembangan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah ini sejak beberapa hari ini.

Ia menyebutkan dari sebanyak 15 kasus positif COVID-19, sebanyak tujuh kasus di antaranya dari Kecamatan Kota Mukomuko, empat kasus dari Kecamatan Penarik, dua kasus dari Kecamatan Lubuk Pinang, satu kasus dari Kecamatan Ipuh, satu kasus dari Kecamatan Air Manjuto.

Dari sebanyak 15 kasus positif COVID-19 di daerah tersebut, sebanyak delapan orang pasien COVID-19 di antaranya tanpa gejala dan sebanyak empat orang mengalami gejala sedang dan sisanya mengalami berbagai gejala, yakni batuk, sakit tenggorokan, pilek anosmia.

Kemudian riwayat kontak sebanyak enam dari 15 kasus COVID-19 di daerah ini, katanya, pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 dan sembilan kasus COVID-19 suspek virus corona.

Ia mengatakan, sebanyak 12 dari 15 pasien COVID-19 tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan tiga pasien menjalani perawatan di RSUD guna mencegah terjadinya penyebaran di daerah ini.

Tenaga kesehatan, baik dari Dinas Kesehatan maupun sejumlah puskesmas yang tersebar di lima kecamatan di daerah ini akan terus melakukan penelusuran riwayat kontak 15 warga setempat yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Ia menyebutkan, hingga kini jumlah total spesimen yang telah diperiksa sebanyak 5.714 sampel, jumlah total spesimen yang dinyatakan positif COVID-19 ada 1.423 orang dan 39 orang di antaranya yang meninggal dunia.***3***


 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021