Sebanyak 184 orang pemuda dari Provinsi Papua dan Papua Barat mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri tahun ajaran 2021/2022 yang dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba Polda Bengkulu.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto usai memimpin pembukaan upacara pembukaan Diktukba di SPN Bukit Kaba yang berada di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Senin, mengatakan jumlah siswa mengikutinya sebanyak 413 orang, di mana mereka ini berasal dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, serta juga dari Papua dan Papua Barat.

"Dari 413 siswa ini sebanyak 299 orang berasal dari jajaran Polda Bengkulu, kemudian 184 siswa lainnya kuota hibah dari Provinsi Papua dan Papua Barat," kata dia.

Dia menjelaskan, kuota hibah dari Provinsi Papua dan Papua Barat ini sebelumnya juga sudah ada, kalangan siswa ini nantinya akan mengikuti pendidikan selama lima bulan berjalan.

Dia berharap, kalangan siswa SPN Bukit Kaba baik yang berasal dari Papua maupun dari Bengkulu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga cara belajar di tengah situasi pandemi COVID-19.

Menurut Irjen Pol Guntur Setyanto saat ini menjadi anggota Polri harus memiliki karakteristik yang berbeda dan mesti dipahami serta kuasai saat mengikuti pendidikan di SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu. Kalangan siswa SPN Bukit Kaba dituntut bisa menguasi informasi dan menguasai IT dan budaya.

Pada pelaksanaan Diktukba di SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu kali ini, tambah dia, sedikit berbeda dari pendidikan-pendidikan sebelumnya terutama dari segi waktu. Waktu sekolah Diktukba Polri tahun ajaran 2021/2022 ini hanya dilaksanakan selama lima bulan.

"Kendati waktu pelaksanaan Diktuba ini hanya lima bulan, namun materi dan jadwal pendidikan akan lebih dipadatkan, sehingga akhir tahun nanti sudah bisa dilantik menjadi anggota Polri. Jika sudah lulus mereka ini akan dikembalikan ke daerah asal masing-masing," terangnya.

Pembukaan Diktukba Polri SPN Bukit Kaba kali ini selain dihadiri juga Kapolda Bengkulu bersama jajarannya juga Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi bersama unsur FKPD, di mana acara pembukaan ini ditandai dengan penyiraman air kembang kepada perwakilan siswa, serta penyerahan bantuan sosial untuk masyarakat sekitar SPN Bukit Kaba yang terdampak COVID-19.***2***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021