Rejanglebong (Antara Bengkulu) - Kepolisian Resor Rejanglebong, Bengkulu, menggencarkan razia kendaraan bermotor untuk menekan angka kecelakaan lalu-lintas dan kasus pencurian kendaraan di daerah itu.

"Razia kendaraan bermotor ini merupakan kegiatan operasi rutin yang dilaksanakan untuk menekan pelanggaran berlalu-lintas serta kasus kecelakaan maupun pencurian kendaraan bermotor. Operasi rutin ini melibatkan seluruh petugas satuan lalu-lintas Polres Rejanglebong," kata Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Rejanglebong Iptu Yus Ade Adelia di Rejanglebong, Rabu.

Operasi rutin yang digelar aparat keamanan daerah tersebut kata dia, dilaksanakan di sejumlah lokasi yang selama ini kerap terjadi pelanggaran lalu-lintas maupun kecelakaan baik di dalam kota maupun di tingkat kecamatan.

Lokasi operasi ini berpindah-pindah yang dimaksudkan akan menjaring pengendara yang selama ini belum tertib dalam berlalu-lintas maupun mengemudikan kendaraannya.

Dalam operasi yang digelar sejak beberapa pekan belakangan pihaknya telah menilang lebih dari 70 kendaraan roda dua yang pengendaranya tidak dilengkapi dengan SIM, STNK kendaraan serta beberapa kendaraan lainnya diamankan ke Mapolres Rejanglebong lantaran tidak memiliki surat menyurat.

"Dalam beberapa pekan pelaksanaan operasi rutin ini sudah puluhan kendaraan yang ditilang, terakhir operasi rutin yang digelar tanggal 10 September lalu di jalan M Hasan kendaraan yang terjaring sebanyak 33 kendaraan dengan rincian lima unit kendaraan diamankan karena tidak memiliki surat-surat, empat kendaraan ditilang karena pelanggaran SIM kemudian sembilan kendaraan ditilang atas pelanggaran STNK serta 15 kendaraan lainnya dikenakan tilang teguran," katanya.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu-lintas di daerah itu pihaknya mengimbau masyarakat setempat mematuhi rambu-rambu lalu-lintas, melengkapi diri dengan surat kendaraan STNK, SIM, kemudian mengenakan alat pengaman berkendara seperti helm standar maupun mengenakan sabuk pengaman untuk pengendara kendaraan roda empat serta memasang kunci pengaman tambahan di sepeda motor. (Antara)

Pewarta: Oleh Nur Muhammad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013