Koperasi yang bergerak di sektor perikanan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali batal menerima bantuan satu unit truk bak tertutup (truk boks) untuk pendingin ikan atau “thermoking” karena adanya pemotongan anggaran di kementrian dan pengalihan anggaran untuk penanganan COVID-19.

“Seharusnya Koperasi Nelayan Selagan Sejahtera di Kecamatan Kota Mukomuko menerima bantuan truk pendingin ikan tahun ini tetapi batal karena adanya pemotongan anggaran di kementrian dan pengalihan anggaran untuk penanganan COVID-19,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Edy Aprianto, dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima surat pemberitahuan pembatalan pelaksanaan bantuan satu unit truk bak tertutup (truk boks) untuk pendingin ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ia menjelaskan, pembatalan pelaksanaan bantuan truk untuk pendingin ikan tahun ini karena alokasi anggaran pada KKP mengalami pemotongan sehubungan dengan langkah trategis pemerintah dalam mendanai penanganan COVID-19 dan dampak yang ditimbulkan.

Selain itu kementerian tersebut juga meberikan dukungan anggaran perlindungan sosial kepada masyarakat . Salah satu lingkup KKP yang masuk dalam skema pemotongan anggaran adalah kegiatan bantuan premi asuransi nelayan tahun ini pada Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap.  

Ia mengatakan, Koperasi Nelayan Selagan Sejahtera di Kecamatan Kota Mukomuko sejak tahun 2019 mengusulkan bantuan satu unit truk bak tertutup (truk boks) untuk pendingin ikan kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Seharusnya koperasi nelayan di wilayah ini mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat tahun 2020 tetapi batal karena pada saat itu negara ini baru dilanda oleh COVID-19.

Kemudian bantuan satu unit truk bak tertutup untuk pendingin ikan untuk koperasi nelayan di daerah ini ditunda tahun 2021 dan rencanya koperasi menerima bantuan dalam tahun ini tetapi batal lagi.

Sementara itu, truk bak tertutup untuk pendingin ikan atau thermoking ini digunakan untuk pengangkutan berbagai jenis ikan supaya ikan yang diangkut dalam jarak jauh dalam kondisi segar.

“Berbagai jenis Ikan yang diangkut dalam truk bak tertutup dari wilayah ini keluar daerah akan terus dalam kondisi segar karena ada ruangan pendingin di dalamnya,” ujarnya pula.

Koperasi yang mendapatkan truk bak tertutup di wilayah ini bisa melayani pedagang ikan yang ingin menggunakan truk bak tertutup untuk menjual berbagai jenis ikan keluar daerah ini.***1**
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021