Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah mengusulkan sebanyak 339 orang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak COVID-19 di daerah ini sebagai calon penerima program bantuan sarana usaha perdagangan kepada pemerintah pusat.

“Kami telah mengusulkan ratusan pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 sebagai calon penerima bantuan, kami berharap semua pelaku UMKM ini mendapatkan bantuan ini dari pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Peridustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Herlian, di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko mengusulkan bantuan sarana usaha perdagangan ini berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Nomor 05 tahun 2021 tentang petunjuk teknis bantuan sarana usaha perdagangan tahun anggaran 2021.

Pemerintah pusat meluncurkan program bantuan ini mengingat belum berakhirnya pandemi COVID-19 di luar maupun dalam negeri sehingga sangat berdampak kepada setiap aspek kehidupan masyarakat, salah satunya sektor ekonomi.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Mukomuko berupaya memperingatkan dampak tersebut khususnya bagi para pelaku usaha kecil atau pedagang kecil di daerah ini dengan mengusulkan bantuan usaha perdagangan ini.

Ia berharap, bantuan sarana usaha perdagangan tersebut dapat mengurangi dampak negatif bagi pelaku usaha dan daerah ini, sehingga roda prekonomian dapat terus berputar.

Terkait dengan jenis bantuan sarana usaha perdagangan dari pemerintah pusat tersebut, katanya, berdasarkan kebutuhan dari setiap pelaku UMKM atau pedagang kecil di daerah ini.

“Pelaku usaha menengah, kecil dan mikro dapat mengusulkan rehab bangunan toko atau warung atau mengusulkan pembelian berbagai sarana seperti lemari pendingin untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah pusat memberikan alterrnatif beberapa jenis bantuan sarana usaha perdagangan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha menengah, kecil dan mikro di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021