Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyaluran Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa hingga bulan September 2021, yakni  sebesar Rp7,34 miliar.

Kepala KPPN Mukomuko, Rusli Zulfian, dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat, mengatakan saat ini KPPN Mukomuko telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sampai bulan September dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD).

Ia menyebutkan, rincian penyaluran terdiri dari BLT bulan keenam dan ketujuh sebesar Rp3,6 miliar untuk 145 desa regular, lalu BLT-DD bulan kedelapan dan kesembilan sebesar Rp3,74 miliar untuk 145 desa regular dan tiga desa mandiri.

Rusli mengapresiasi langkah cepat dari segenap jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko mulai dari pemerintah desa, kecamatan, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Badan Keuangan Daerah.

“Ini sesuai dengan target kami pada saat ‘Focus Group Discussion’ percepatan penyaluran Dana Desa dan BLT-DD yang dilaksanakan pada Jumat (23/7), penyaluran BLT-DD sampai bulan September ditargetkan selesai pada akhir Juli 2021, sedangkan untuk BLT-DD bulan Oktober sampai Desember paling cepat disalurkan pada bulan Oktober,” ujarnya.

Rusli menerangkan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.07/2021, pola penyaluran BLT DD yang semula dicairkan secara bulanan, sekarang dapat sekaligus untuk tiga bulan.

Adanya perubahan peraturan ini diharapkan tidak terdapat lagi keterlambatan penyaluran BLT-DD. Bantuan yang bersumber dari dana desa ini diharapkan dapat diterima oleh keluarga penerima manfaat pada setiap awal bulan berkenaan.

Selanjutnya, Rusli menghimbau agar pemerintah desa segera menyalurkan BLT-DD bulan keenam dan ketujuh, yakni bulan (Juni dan Juli serta menyalurkan BLT bulan ke delapan pada awal bulan Agustus dan BLT bulan ke sembilan pada awal bulan September, karena dana BLT-DD sudah tersedia di RKD.

“BLT-DD bulan ke enam dan ke tujuh dapat disalurkan kepada KPM secara sekaligus untuk mengejar keterlambatan penyaluran” ujarnya menambahkan.

Dengan adanya BLT-DD diharapkan dapat membantu menjaga daya beli masyarakat desa. Setiap keluarha penerima manfaat menerima Rp300 ribu per bulan selama 12 bulan dari BLT-DD.

Sementara itu, penyaluran Dana Desa Tahap II untuk Desa Reguler telah KPPN salurkan sebanyak Rp19,23 miliar untuk sebesar 73 desa regular. 30 desa telah disalurkan pada tanggal 23 Juli 2021 dan 43 desa telah disalurkan pada tanggal 28 Juli 2021.

“Masih tersisa 72 desa reguler yang belum kami terima berkas pengajuan Tahap II,” demikian Rusli.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021