Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah kasus positif COVID-19 saat ini bertambah 39 orang sehingga total menjadi 1.623 orang.

“Sejak beberapa hari ini ada lagi penambahan sebanyak 39 orang positif COVID-19 yang tersebar di 12 dari 15 kecamatan di daerah ini. Dari sebanyak 39 orang pasien ini dua orang di antaranya meninggal dunia,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Bustam Bustomo yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengatakan hal itu terkait dengan perkembangan jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di daerah ini sejak beberapa hari terakhir.

Ia menyebutkan dari 39 kasus positif COVID-19, sebanyak 12 kasus di antaranya dari Kecamatan Kota Mukomuko, tujuh kasus dari Kecamatan Penarik, empat kasus dari Kecamatan Pondok Suguh, empat kasus dari Kecamatan Lubuk Pinang.

Selain itu, tiga kasus dari Kecamatan Selagan Raya, dua kasus dari Kecamatan Air Manjuto, dua kasus dari Kecamatan XIV Koto, satu kasus dari Kecamatan Teramang Jaya, satu kasus dari Kecamatan Air Dikit, satu kasus dari Kecamatan Air Rami, satu kasus dari Kecamatan V Koto, satu kasus dari Kecamatan Sungai Rumbai.

Dari 39 kasus positif COVID-19 di daerah tersebut, sebanyak 30 pasien COVID-19 di antaranya tanpa gejala dan sembilan orang mengalami berbagai gejala, yakni demam, hilang penciuman, sesak, nafsu makan menurun, batu, sakit kepala, lemah, nyeri ulu hati.

Riwayat kontak 35 dari 39 kasus COVID-19 di daerah ini, katanya, suspek atau reaktif berdasarkan hasil tes atau RDAT dan empat pasien COVID-19 suspek.

Ia mengatakan 33 pasien COVID-19 tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan enam orang pasien menjalani perawatan di rumah sakit umum daerah setempat.

Tenaga kesehatan, baik dari Dinas Kesehatan maupun sejumlah puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan di daerah ini akan terus melakukan penelusuran riwayat kontak 39 warga setempat yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021