Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan meskipun sebagian tenaga kesehatan di Puskesmas Ipuh dinyatakan positif COVID-19, namun tetap buka atau memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah ini.

“Masih tetap berjalan karena yang tidak positif masih bisa bekerja. Karena Puskesmas ini sifatnya pelayanan jadi tidak mungkin tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Syapriadi, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan hal itu menyusul sebagian tenaga kesehatan di Puskesmas Ipuh di daerah ini dinyatakan positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri guna mencegah penyebaran virus corona.

Ia memastikan, tenaga kesehatan di Puskesmas yang berada sejauh 100 kilometer dari pusat ibukota kabupaten itu tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama 24 jam.

“Kalau orangnya kurang diatur dengan piket, diatur orang masuk bekerja karena masih banyak orang di Puskesmas tersebut yang bisa melaksanakan tugas pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya pula.

Selain sebagian tenaga kesehatan di Puskesmas Ipuh dinyatakan positif COVID-19, ada salah satu tenaga kesehatan di Puskesmas Lubuk Pinang yang sampai sekarang menjalani isolasi mandiri.

Namun Puskesmas Lubuk Pinang masih tetap buka atau memberikan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat yang tersebar di wilayah yang berada di perbatasan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan sebagian besar tenaga kesehatan di Puskesmas Dusun Baru V Koto yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19, kini tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut sudah selesai menjalani isolasi mandiri.

“Banyak tenaga kesehatan di Puskesmas Dusun Baru V Koto yang positif COVID-19, tetapi kini sudah selesai dan mereka sudah mulai memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjutnya, ia menyatakan, jangan sampai COVID-19 menjadi hambatan bagi tenaga kesehatan di Puskesmas yang tersebar di daerah ini tidak memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021