Pemerintah Provinsi Bengkulu akan memulai tahapan penyuntikan dosis ketiga vaksin COVID-19 bagi tenaga kesehatan di daerah itu secara serentak di seluruh fasilitas kesehatan dengan menggunakan Vaksin Moderna.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Kamis mengatakan sebanyak 960 vial Vaksin Moderna telah didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di Bengkulu, sejak beberapa hari yang lalu, sehingga penyuntikan serentak akan dilakukan pada Jumat (6/8).

"Penyuntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan akan kami mulai besok secara serentak di seluruh fasilitas kesehatan dan ditargetkan akan selesai selama satu minggu," katanya.

Herwan mengatakan penyuntikan dosis ketiga vaksin COVID-19 ini akan menyasar 13.207 orang tenaga kesehatan yang telah mengikuti penyuntikan dosis kedua dari total keseluruhan 15.471 orang tenaga kesehatan di provinsi itu.

Ia menjelaskan rincian sebaran tenaga kesehatan yang akan disuntik dosis ketiga berdasarkan daerah, yaitu Kota Bengkulu 4.040 orang, Kabupaten Bengkulu Utara 1.760 orang, Kabupaten Rejang Lebong 1.459 orang dan Kabupaten Bengkulu Selatan 1.116 orang.

Kemudian, Kabupaten Mukomuko 990 orang, Kabupaten Seluma 958 orang, Kabupaten Kepahiang 816 orang, Kabupaten Bengkulu Tengah 814 orang, Kabupaten Lebong 632 orang dan Kabupaten Kaur 622 orang.

"Kami minta tenaga kesehatan yang sudah menjalani vaksinasi dosis kedua untuk mengikuti penyuntikan dosis ketiga yang menggunakan Vaksin Moderna," ujar Herwan.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu, persentase tenaga kesehatan di daerah itu yang selesai menjalani menjalani penyuntikan dosis kedua sebanyak 86,2 persen, sedangkan dosis pertama 94,6 persen.

Sementara capaian vaksinasi bagi kelompok usia lanjut (lansia) di Provinsi Bengkulu untuk dosis pertama baru 16,7 persen dan dosis kedua 9,99 persen.

Untuk kelompok petugas publik, katanya, dosis pertama mencapai 89,6 persen, dosis kedua mencapai 38,6 persen dan kelompok masyarakat umum dosis pertama baru mencapai 6,4 persen dan dosis kedua 2,4 persen.

"Provinsi Bengkulu masih membutuhkan ribuan vaksin untuk masyarakat umum, makanya kami sudah mengusulkan tambahan 250.000 dosis vaksin lagi ke pemerintah pusat. Mudah-mudahan bisa segera dikirimkan," kata Herwan.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021