Bengkulu (Antara Bengkulu) - Sejumlah peselancar Bali, Krui Provinsi Lampung dan Mentawai Sumatra Barat akan ikut kontes selancar di Pantai Panjang, memeriahkan "Bengkulu Beach Festival" yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu pada 27 hingga 30 September 2013.

"Selain peselancar Bengkulu, surfer atau peselancar Bali, Krui dan Mentawai juga sudah mendaftar dan siap mengikuti kontes," kata Koordinator "Bengkulu Rafflesia Surf Asociation" Jerianto Rian di Bengkulu, Jumat.

Klub selancar "Bengkulu Rafflesia Surf Asociaton" menjadi penyelenggara dalam kontes berhadiah puluhan juta rupiah itu.

Hingga saat ini kata dia, sebanyak 28 orang sudah mendaftarkan diri ke panitia untuk menjadi peserta kontes.

"Kami masih menunggu pendaftar hingga H-2 kontes, atau sampai 25 September 2013," tambahnya.

Selain surfer asal Bali, Krui dan Mentawai, surfer muda asal Bengkulu juga siap menjajal ombak Pantai Panjang, Bengkulu.

"Pendaftar asal Bali kami perkirakan masih bertambah karena ombak Pantai Panjang cukup menantang," katanya.

Ia mengharapkan kehadiran surfer asal Pulau Dewata secara tidak langsung turut mempromosikan tantangan ombak Pantai Panjang kepada surfer asing yang sering bermain di Perairan Bali.

Ombak Pantai Panjang Bengkulu kata Jefri tidak kalah bagus dengan ombak lainnya di perairan Indonesia, tetapi kurang promosi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Hasanudin mengatakan kontes selancar merupakan salah satu kegiatan festival, selain lomba kuliner laut dan lainnya.

"Melalui kontes ini kami harapkan promosi terhadap Pantai Panjang dan sejumlah spot selancar lainnya di Bengkulu lebih gencar," katanya.

Pendaftaran kata dia akan dibuka hingga H-1 kontes dengan menghubungi panitia atau ke Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu di Jalan Pangeran Natadirja Kota Bengkulu.

Ia mengatakan kontes surfing di Pantai Panjang tersebut memperebutkan total dana pembinaan sebesar Rp70 juta.

Penyelenggaraan festival tersebut bersamaan dengan momen Kemilau Sumatra 2013 yang juga dipusatkan di Pantai Panjang Bengkulu.

Kemilau Sumatra yang akan digelar untuk ke-8 kalinya itu akan menampilkan keunikan budaya masing-masing peserta yang berasal dari daerah semua provinsi di wilayah Pulau Sumatera. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013