Sebanyak 442 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas llA Curup yang berasal dari tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu mengikuti vaksinasi massal COVID-19.

Plt Kepala Lapas Klas llA Curup Alfonsus Wisnu Ardianto didampingi Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Rodi Ernado di sela-sela kegiatan di Lapas Klas llA Curup, Selasa, mengatakan pelaksanaan vaksinasi massal tersebut diberikan dalam rangka memeriahkan dan menyambut peringatan HUT  ke-76 yang bertajuk vaksinasi merdeka.

"Kegiatan ini dinamakan vaksinasi merdeka, kegiatan ini digagas oleh Kakanwil Kemenkum HAM Bengkulu untuk penyeragaman vaksinasi di lapas dan rutan yang ada di Provinsi Bengkulu," ujar dia.

Dia menjelaskan, lapas yang menampung WBP atau narapidana dari Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong ini sebelum menjalani vaksinasi massal terlebih dahulu juga mengikuti swab antigen.

"Sebelum mengikuti vaksinasi WBP ini juga mengikuti swab antigen, tadi ada 50 orang yang mengikutinya," terangnya.

Pelaksanaan vaksinasi di lapas daerah itu tambah dia, sepenuhnya didukung dinas kesehatan provinsi dan Kabupaten Rejang Lebong dengan menggunakan vaksin merek moderna.

Menurut dia, jumlah warga binaan dan tahanan yang ada di Lapas Curup saat ini mencapai 657 orang, di mana dari jumlah itu sebelumnya pada Juni lalu ada 46 WBP kemudian ditambah 27 pegawai lapas yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan sekarang dinyatakan telah sembuh.

Dia berharap dengan adanya vaksinasi massal di Lapas Klas llA Curup ini nantinya bisa memberikan kekebalan kepada mereka masing-masing sehingga terhindar dari penyebaran COVID-19.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021