Dua desa di Provinsi Bengkulu yakni Desa Batu Ampar di Kabupaten Kepahiang dan Desa Belitar Seberang di Kabupaten Rejang Lebong masuk 100 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan, di Bengkulu, Jumat mengatakan, dua desa tersebut berhasil masuk 100 besar setelah bersaing dengan 1.831 desa wisata di seluruh Indonesia yang menjadi peserta dalam ajang tersebut.

"Kami bersyukur ada wakil desa wisata dari Bengkulu yang dari 300 besar sudah ada yang lolos ke 100 besar. Jelas kita bangga karena dua desa ini bisa bersaing dengan ribuan desa wisata lainnya," kata Irsan.

Ia menjelaskan, sebelumnya dalam penetapan 300 besar ada lima desa wisata di Bengkulu yang dinyatakan lolos, namun hanya dua desa saja yang melanjutkan ketahap penilaian berikutnya.

Tiga desa lainnya tersebut yakni Desa Rindu Hati di Kabupaten Bengkulu Tengah, Desa Tangsi Duren di Kabupaten Kepahiang, dan Desa Sumber Urip-Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong.

Menurut Irsan, lolosnya lima desa wisata di Bengkulu itu menjadi nominasi ADWI tentu berkat kerjasama antara pemerintah daerah dengan masyarakat desa tersebut.

"Ini tentu akan menjadi motivasi bagi desa wisata kita yang lainnya untuk kedepan bisa ikut lomba. Kita yakin bahwa potensi desa wisata kita tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia," kata Irsan menambahkan.

Ia menegaskan Pemprov Bengkulu akan terus mendukung dan melakukan pendampingan kepada dua desa wisata yang masuk 100 besar tersebut agar dapat lolos ke tahap 50 besar.

Untuk tahap selanjutnya, panitia ADWI Kemenparekraf akan kembali menyeleksi dari 100 desa wisata yang masuk nominasi menjadi 50 desa sebagai pemenangnya. 

Masing-masing dari 50 desa wisata ini akan mempresentasikan keunggulan dari desa masing-masing sesuai dengan kategori penilaian. 

Malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia ini rencananya akan digelar pada 7 Desember 2021 dan pada malam puncak tersebut akan diumumkan empat desa wisata terbaik dan satu desa wisata terfavorit. ***1***

Pewarta: Carminanda

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021