Abdullah Ibrahim Rintonga terpilih sebagai direktur baru Forum Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Daerah Bengkulu periode 2021-2025 lewat Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH) Walhi Bengkulu.

Abdullah Ibrahim Ritonga yang sebelumnya merupakan staf eksekutif daerah Walhi Bengkulu akan memimpin Walhi empat tahun ke depan, menggantikan Beny Ardiansyah.

Usai terpilih, Abdullah mengatakan akan fokus membangun gerakan sosial dan lingkungan hidup untuk melindung sumber-sumber penghidupan rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan di Provinsi Bengkulu. 

"Terimakasih kepada seluruh lembaga anggota untuk mempercayakan amanah ini pada saya," kata Ibrahim yang akrab disapa Baim ini.

Empat tahun ke depan Baim mengatakan akan fokus memperkuat dan memperluas gerakan lingkungan hidup sebagai mandat organisasi dan mandat rakyat secara kolektif, kedua, bersama komponen Walhi Bengkulu, lembaga jaringan dan organisasi rakyat mendesak kebijakan pemerintah yang berpihak pada keadilan ekologis dan keselamatan sumber-sumber kehidupan rakyat. 

Ketiga, penataan kembali ruang kelola rakyat untuk membangun tatanan sosial, ekonomi, dan ekologis menuju kedaulatan rakyat sebab Walhi mempunyai konsep wilayah kelola rakyat dan ekonomi nusantara sebagai konsep tandingan sistem ekonomi kapitalisme. 

Keempat, memperkuat kemandirian organisasi rakyat termasuk komunitas perempuan berbasis keadilan ekologis dan keadilan gender yang kritis dan terdidik sebagai nafas gerakan lingkungan hidup dan terakhir, penggalangan dukungan publik atas pengelolaan kekayaan alam yang berkeadilan melalui gerakan advokasi lingkungan hidup dan kampanye kreatif serta pendidikan untuk kelompok muda millenial.

Pertemuan ini juga memilih tiga anggota dewan daerah yaitu Adi Syahputra, Olan Sahayu dan Warman Kudus.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021