Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sampai sekarang masih menunggu petunjuk dari bupati setempat untuk membagikan bantuan tujuh unit mesin pembeku ikan dari pemerintah pusat kepada kelompok pengolah dan pemasar (poklahsar) di daerah ini.
 
"Kami masih menunggu petunjuk dari bupati untuk memastikan waktu bupati membagikan bantuan ini," kata Kabid Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Widia Armaini, di Mukomuko, Jumat.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini menerima bantuan tujuh unit mesin pembeku atau "cheest frizer" untuk tujuh kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan dari pemerintah pusat.
 
Sebanyak tujuh kelompok pengolah dan pemasar ikan yang menerima bantuan mesin pembeku ikan ini tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Kecamatan Ipuh.
 
Ia mengatakan calon kelompok pengolah dan pemasar ikan di daerah ini yang diusulkan mendapatkan bantuan mesin pembeku ikan tahun ini berkurang dari usulan awal sebanyak 13 kelompok.
 
"Kami mengusulkan sebanyak 13 kelompok pengolah dan pemasar ikan kepada Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, selanjutnya kementerian yang menetapkan calon penerimanya," ujarnya.
 
Ia menyatakan tujuh kelompok pengolah dan pemasar ikan ini telah diverifikasi oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sebanyak tujuh kelompok pengolah dan pemasar ikan yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini telah memenuhi persyaratan sebagai calon penerima bantuan ini.
 
Ia menjelaskan bantuan ini berfungsi seperti kulkas untuk pembeku dan penyimpanan hasil perikanan seperti ikan agar lebih awet.
 
"Pemerintah memberikan bantuan mesin kepada poklahsar ini untuk meningkatkan daya tahan ikan apalagi ikan yang akan diekspor keluar daerah ini," ujarnya.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021