Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, meminta petani memanfaatkan bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat.

"Kita minta petani memanfaatkan bantuan dalam tahun ini juga karena kalau tidak dimanfaatkan dalam tahun ini maka secara aturan melanggar," kata Pelaksana Tugas Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sugiyanto, dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Kabupaten Mukomuko tahun ini kembali mendapatkan bantuan benih padi untuk lahan seluas 1.530 hektare milik sebanyak 96 kelompok tani yang tersebar di sejumlah kecamatan dari pemerintah pusat.

Bantuan benih padi unggul untuk lahan persawahan seluas 1.530 hektare tersebut tersebar di Kecamatan Air manjuto, Kecamatan V Koto, Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Malin Deman.

Ia menyatakan, dari sebanyak 96 kelompok tani yang menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat tersebut, baru sebagian kelompok tani yang memanfaatkan bantuan benih padi unggul.

"Sebagian petani di Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan XIV Koto yang memanfaatkan benih padi tersebut, selain itu belum ada petani yang memanfaatkannya," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebagian besar petani setempat belum memanfaatkan benih padi unggul tersebut karena beberapa lahan persawahan di antaranya baru selesai panen padi.

Ia mengatakan, petani setempat masih ada kesempatan memanfaatkan bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat tersebut hingga bulan Desember tahun ini.

Ia mengatakan, rata-rata petani di sejumlah wilayah di daerah ini yang diusulkan mendapatkan penambahan bantuan benih padi dari pemerintah melakukan penanaman pada musim tanam II padi sawah.

Ia mengatakan, petani di daerah ini menerima bantuan benih padi varietas impari 32, atau sesuai dengan usulan dari kelompok tani tersebut.

Ia memperkirakan, produksi gabah kering panen menggunakan benih padi varietas impari 32 ini rata-rata standar sebanyak tujuh hingga delapan ton.

Sebelumnya seluas 2.000 hektare lahan persawahan milik sebanyak 96 kelompok tani di enam desa Kecamatan Lubuk Pinang tahun 2021 akan menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat.

Ia menyebutkan, bantuan benih padi untuk lahan persawahan seluas 2.000 hektare milik petani enam desa di Kecamatan Lubuk Pinang tersebut untuk musim tanam I padi sawah.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021